Terapkan Sistem SKS, Siswa MAN Bangkalan Bisa Lulus dalam Waktu 2 Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Jun 2022 16:24 WIB

Terapkan Sistem SKS, Siswa MAN Bangkalan Bisa Lulus dalam Waktu 2 Tahun

i

Prosesi Pelepasan siswa Siswi MAN Bangkalan di gedung Rato Ebuh Bangkalan

SURABAYAPAGI.COM, Bangkalan - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan melepas 423 Siswa-siswi yang telah menempuh pendidikan. Pelepasan Peserta Didik tersebut digelar Gedung Rato Ebhu Bangkalan, pada Rabu, (08/06/22) pagi.

Siswa yang mengikuti prosesi wisuda terdiri dari dua program, yakni Program SKS 2 Tahun dan reguler normal 3 Tahun.

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

Wakil Kepala MAN Bangkalan Bidang Humas H. Hasan S.Ag M.Pd menyampaikan, MAN Bangkalan adalah satu satunya Madrasah Negeri di Bangkalan yang menerapkan kurikulum Satuan Kredit Semester (SKS).

Sistem SKS ini, umumnya dipakai di perguruan tinggi. Namun sistem ini digunakan MAN Bangkalan, dengan penerapan sistem SKS ini, siswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata pelajaran yang akan ia ambil dalam satu semester. 

"Lulusan yang di wisuda ini dari SKS bervariatif, ada yang lulus SKS 2 tahun dan ada lulusan SKS 3 Tahun. Dengan empat jurusan yakni jurusan bahasa, Agama, IPS dan IPA," ungkapnya.

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

Dari empat jurusan itu ada 18 siswa yang berhasil lulus selama menempuh pendidikan 2 Tahun.

Pihaknya berharap bagi siswa yang lulus agar tetap menjunjung tinggi Akhlakul Karimah yang sudah dipelajari di MAN Bangkalan.

"Kemudian yang paling utama dan harus diprioritaskan itu memberi manfaat terhadap lingkungan sekitar sebagaimana yang dipelajari di sekolah dan menjunjung tinggi kejujuran dan profesionalitas," pungkasnya. 

Baca Juga: Truk Kecelakaan Tunggal, Lalin Macet hingga 1 Kilometer

Prosesi pelapasan siswa siswi Man itu juga dihadiri oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin. Pada kesempatan itu, Bupati Berpesan agar para lulusan MAN ini tidak hanya unggul dalam prestasi namun mampu menjadi pilar pembangunan Akhlak generasi muda. 

"Semoga bekal ilmu yang kita peroleh, tidak saja memberikan kecerdasan intelektual, akan tetapi juga meningkatkan kecerdasan emosional, spiritual dan para lulusan yang berkarakter tangguh dan mandiri serta profesional yang merupakan tuntutan dalam tantangan dunia pendidikan maupun dunia kerja yang semakin kompleks," kata Bupati. wah

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU