Tim Pertama yang Pecahkan Rekor Umpan Terbanyak Euro

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Jun 2021 11:48 WIB

Tim Pertama yang Pecahkan Rekor Umpan Terbanyak Euro

i

Sejumlah pemain Spanyol melakukan umpan saat melawan Swedia. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pada saat Spanyol  berhadapan dengan Swedia dalam partai Matchday 1 Grup E Euro 2020 pada Selasa (15/6/2021) dini hari WIB, timnas Spanyol mampu pecahkan rekor luar biasa dengan umpan terbanyak sepanjang sejarah Euro selama 9 tahun terakhir.

Spanyol harus puas hanya menempati posisi kedua di tabel klasemen sementara Grup E lantara bermain imbang tanpa gol selama 2x45 menit meski tampil cukup dominan hampir sepanjang pertandingan.

Baca Juga: Grup E: Spanyol-Jerman, Grup F: Kroasia-Maroko

Pasukan Luis Enrique tersebut mencatatkan angka penguasaan bola hingga 85 persen. Penguasaan bola sebanyak 85 persen ini menjadikan Spanyol tim pertama yang melakukannya di ajang Euro sejak data statistik dikumpulkan pada 1980 silam.

Selain itu, Spanyol juga tercatat melepas 419 umpan sepanjang babak pertama. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dilakukan sebuah tim di babak pertama pertandingan Piala Eropa.

Spanyol juga melepas 303 umpan di area permainan lawan di babak pertama, terbanyak yang bisa dilakukan sebuah tim di ajang Euro. Sementara itu, Swedia hanya mencatat 38 umpan di area permainan Spanyol, paling sedikit dalam sejarah Euro.

Di akhir pertandingan, Spanyol tercatat melepas total 917 umpan yang menjadi rekor passing terbanyak sepanjang sejarah gelaran Euro. Sungguh luar biasa.

Baca Juga: Chiellini Bisa Ikuti Jejak Cannavaro

Dengan catatan tersebut, Spanyol sukses memecahkan rekor Euro atas nama mereka sendiri, yang mereka ciptakan pada sembilan tahun lalu.

Spanyol melepas total 859 umpan dalam laga melawan Republik Irlandia. Gelandang La Furia Roja saat itu, Xavi melepan 136 umpan di antaranya.

Sayang sekali, penampilan super dominan yang ditunjukkan Spanyol gagal membawa mereka meraih kemenangan. Sederet peluang yang didapat Alvaro Morata cs gagal menghasilkan gol.

Baca Juga: Menunggu 53 Tahun untuk Piala Eropa

Spanyol tercatat melepas total 14 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan Swedia yang hanya mampu tiga kali melepas tembakan, dan cuma satu di antaranya yang tepat sasaran.

Kegagalan skuad Spanyol memanfaatkan peluang jelas menjadi PR yang harus dibereskan Enrique jelang laga kedua melawan Polandia pada Minggu (20/6/2021) dini hari WIB mendatang. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU