Tips Memilih Supplier Daging Sapi untuk Kebutuhan Bisnis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Mei 2022 11:51 WIB

Tips  Memilih Supplier Daging Sapi untuk Kebutuhan Bisnis

SurabayaPagi.com: Peran supplier daging sapi pada industry daging kuliner (hotel, restoran, catering) tidak bisa dianggap remeh. Jika anda ingin memajukan usaha anda maka sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih supplier. Supplier sangat menentukan keberhasilan bisnis anda untuk kedepannya.

Mengapa peranan supplier sangat penting? Jawabannya sederhana yaitu perdagangan di dunia ini terjadi karena adanya spesialisasi dari setiap pihak sehingga hampir pada setiap industry membutuhkan supplier, kecuali jika memang sebuah perusahaan memegang kendali produksi mulai dari hulu sampai dengan hilir.

Cara Memilih Distributor Daging Sapi

Ada banyak jenis supplier yang berkonsentrasi dengan spesialisasi masing-masing dan memiliki criteria tertentu agar dikatakan sebagai professional. Namun untuk supplier dan toko daging, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain:

1.    Kualitas Barang

Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah poin terpenting untuk menilai kelayakan supplier daging untuk menjadi mitra perusahaan anda. Makanan yang lezat dan bergizi tentunya dimulai dari kualitas bahan mentahnya sebelum diolah. Anda sebaiknya mencari supplier daging yang sudah mempunya izin halal MUI dan memiliki freezer atau kostorid yang memadai. Supplier daging yang mengutamakan kualitas barang tentu memiliki 2 produk berbeda yaitu fresh atau frozen.

2.    Kuantitas Barang

Kuantitas atau jumlah barang yang ready stock juga merupakanpertimbangan yang penting sebelum memilih distributor daging untuk perusahaan anda. Satu atau dua kali stock kosong mungkin bisa dimaklumi namun bagaimana jika terjadi terus menerus? Ini tentunya akan mempengaruhi kinerja perusahaan anda bukan? Jika supplier anda memang tidak punya stok barang yang dapat memenuhi permintaan anda maka anda sebaiknya harus mencari supplier lainnya.

3.    Kontinuitas

Supplier yang professional merupakan supplier yang mengutamakan kerjasama jangka panjang atau dengan kata lain adanya repeat order. Di sisi lain, untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari pembeli biasa atau eceran maka anda juga dituntut untuk melakukan repeat order sehingga terjalin kerjasama yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

4.    Bertanggung Jawab

Kadang dalam proses pemesanan sampai dengan pengiriman ada hal-hal kecil yang dapat membuat daging yang anda pesan tidak sesuai dengan kriteria. Pilih saja supplier yang bertanggung jawab artinya siap menerima retur barang jika memang tidak sesuai dengan order. Selain kualitas, ketepatan jumlah juga harus diperhitungkan. Pilih saja distributor daging yang siap menerima retur jika jumlah barang yang dikirimkan lebih dari jumlah pesanan.

5.    Fast Response

Ketika restoran/rumah makanan daramai serta menyebabkan stock daging yang ada di freezer habis maka tidak ada cara lain selain menghubungi distributor daging pada saat itu juga. Poin berhubungan dengan poin ready stock sehingga ketika anda menghubungi pihak distributor maka akan direspon dengan cepat dan pelanggan anda dapat menikmati sajian dari restoran anda. Pilih saja supplier yang dapat anda hubungi kapan saja dan selalu menyediakan customer service, bahkan ketika jam istirahat sekalipun.

6.    Harga Bersaing

Harga ini sangat menentukan dalam manajemen keuangananda. Jika harga dari supplier daging sapi sudah mahal maka mau tidak mau harga produk olahannya juga ikut mahal. Ini tentunya akan berimbas pada customer anda. Pilihlah supplier yang memilikiharga paling kompetitif sehinggaandabisamenjualmakanandenganharga yang juga murah.

7.    Melihat Pilihan Daging Mereka

Anda mungkin ingin menghindari pembelian dari supplier daging yang tidak mau memamerkan banyak daging mereka. Sekalipun bagian belakang akan banyak atau ada yang belum dipotong, namun tetap harus ada pilihan daging yang baik untuk dilihat untuk menilai seberapa baik kualitasnya. Mereka harus ingin memamerkan potongan daging bersih untuk menarik pelanggan agar melakukan pembelian atau mungkin pembelian yang jauh lebih besar dari yang semula dimaksudkan. Jika anda tidak bisa melihat pilihan daging mereka sebelummembuatpesanan, andamungkininginfokusmencari supplier daginglainnya.

8.    BerbicaradenganBisnis Lain

Anda mungkin belum memiliki hubungan dekat dengan toko, catering atau restoran lokal yang bersaing secara langsung dengan anda. Tetapi ini tidak berarti bahwa anda tidak bisa mengetahu isiapa yang digunakan bisnis lain untuk pemasok daging mereka. Coba hubungi pemilik atau manajemen perusahaan professional di kota-kota sekitarnya. Anda juga bisa menghubungi pemasok individu dan menanyakan apakah mereka bisa memberitahu anda siapa beberapa pelanggan terbesar mereka. Kemudian anda bisa pergi dan makan di sana, hanya untuk melihat kualitas daging yang mereka terima dari supplier tertentu.

9.    Minta Sertifikasi

Ini bisa mencakup semuanya mulai dari izin usaha hingga sertifikat pemeriksaan Kesehatan. Sangat penting bahwa anda meminta untuk melihat hal-hal yang seperti itu karena anda ingin memastikan bahwa anda bekerja dengan pemasok daging yang mematuhi semua undang-undang setempat dan dengan undang-undang kepatuhan keamanan pangan. Jika mereka tidak bisa menunjukkan ini kepada anda, mungkin sudah waktunya untuk mencari pemasok daging lain.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan supplier?

-Supplier atau pemasok adalah seseorang atau bisnis yang menyuplai barang atau jasa yang dibutuhkan oleh entitas bisnis lainnya. Karena itu, supplier adalah bagian dari supply chain yang menyediakan nilai massal dar iproduk tertentu.

 

Apaperbedaanantara distributor dan supplier?

-Supplier merupakan pihak yang menjual barang secara kontinyu untuk kegiatan produksi. Distributor adalah rantai pertama setelah produsen. Agen menjadi perantara antara distributor dengan retailer. Reseller adalah pihak yang menjualbarangsecaralangsungkekonsumen.

 

*)Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.

                                                                      

                            

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU