Tips Jaga Imun Tubuh di Musim Covid-19 Ala Pakar Gizi UGM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 11:20 WIB

Tips Jaga Imun Tubuh di Musim Covid-19 Ala Pakar Gizi UGM

i

Buah buahan dan aneka sayuran untuk jaga kesehatan imun tubuh. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia semakin menyebar semakin tak terkendali. Beberapa ahli gizi pun memberikan tips atau cara-cara agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Ahli Gizi FKKMK UGM, Toto Sudargo mengatakan, di tengah penularan Covid-19 yang semakin menjadi, dia menyarankan untuk setiap individu melakukan olahraga yang teratur dengan intensitas sedang.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Olahraga dengan intensitas sedang tersebut adalah olahraga 3-5 kali per minggu, dengan durasi 30-45 menit. Olahraga, kata dia, bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi. Seperti pernafasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran.

Meski telah divaksin, bilang dia, masyarakat tetap saja diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan. Hal yang tak kalah penting di tengah maraknya penularan Covid-19 yang semakin merajalela adalah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun tubuh. Yakni, dengan cara perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Dia menyebut, makanan-makanan yang mengandung zat gizi spesifik yang berperan langsung dalam menunjang berbagai aktifitas sistem imun. "Makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar yang kadungan vitamin C cukup tinggi," jelas dia, Jumat (16/7/2021).

Lalu juga memakan makanan yang mengandung vitamin E, seperti kecambah, kacang hijau, telor, almont, minyak zaitun dan zink. Dia menegaskan kembali untuk meluangkan waktu supaya terkena paparan sinar matahari dan melakukan aktifitas fisik rutin.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Sementara untuk menghindari penularan Covid-19 maka cuci buah dan sayur sebelum dimasak atau dikonsumsi dan memastikan lauk dimasak dengan matang sempurna. "Disini peran pemerintah sangat diharapkan, yaitu mengedukasi masyarakat secara terus menerus mengenai cara dan pentingnya menjaga imunitas diri dan keluarga," tuturnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Maka keduanya bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imun atau kesehatan tubuh. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU