Tips Tetap Sehat dan Bugar di Tengah Kesibukan

Olahraga pernafasan saat dirumah. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Di tengah pandemi Covid-19 menjaga kebugaran tubuh haruslah menjadi prioritas utama. Namun, banyak orang sering terjebak dalam kesibukan yang menyita waktu. Seiring waktu, hari-hari yang sibuk itu dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik.

Menurut Kelvin Gary dan Maya Feller, MS, RD, CDN, menawarkan beberapa tips untuk membantu merasa sehat. Pertama adalah meditasi karena sangat bagus untuk manajemen stres, dan seorangdapat melakukan meditasi hanya dalam lima menit.

Meskipun sebenarnya duduk dan fokus pada meditasi adalah cara terbaik untuk melakukannya, Gary mengatakan tidak apa-apa untuk mulai melakukan beberapa latihan pernapasan dalam di kamar mandi.

Feller menganjurkan agar pasiennya menjaga keseimbangan antara makanan segar dan makanan siap saji di rumah.

“Saya telah melihat banyak pasien berhasil menggunakan makanan beku yang sehat. Mereka dapat menyiapkannya dengan cepat dan bahkan menambahkan produk segar, seperti salad pendamping, untuk melengkapi hidangan,” jelasnya, Senin (26/7/2021).

Bahkan meluangkan satu menit untuk melakukan push-up dan sit-up selama hari kerja sudah termasuk. “Pelepasan endorfin yang Anda dapatkan, bahkan dari gerakan kecil, itu penting,” katanya.

Duduk seharian sama sekali tidak menguntungkan kesehatan. “Gerakan adalah obat,” kata Gary, itulah sebabnya dia merekomendasikan bangun kapan pun Anda bisa di siang hari.

Cobalah berdiri selama panggilan kantor atau pastikan untuk bangun dan melakukan peregangan setiap jam sepanjang hari ini juga cara yang baik untuk mengakhiri hari.

Hidrasi adalah bagian penting untuk tetap sehat, dan memiliki botol air yang dapat digunakan kembali adalah cara yang baik untuk membantu memastikan Anda benar-benar terhidrasi, kata Feller.

Selain itu, National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan agar wanita berusaha untuk mengonsumsi sekitar 11,5 cangkir cairan sehari, baik dari makanan maupun minuman.

Untuk melakukan peregangan, melangkahlah ke depan dengan kaki kanan dan turunkan tubuh menjadi lunge. Letakkan tangan kiri di lantai, pastikan sejajar dengan kaki kiri, sementara lutut kanan melayang di atas lantai.

Gerakkan siku kanan ke dalam kaki kanan, dan biarkan bersandar di lantai. Luruskan pinggul dan jaga punggung tetap rata. Kemudian, gerakkan tangan kanan ke luar kaki kanan dan putar agar dapat diraih. Kemudian lakukan sisi sebaliknya.

“Secara harfiah turun dari kursi Anda, lakukan peregangan, dan kemudian kembali ke hari Anda,” kata Gary. Dsy8