UK Petra Manfaatkan Kosongnya Kampus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Mar 2021 15:04 WIB

UK Petra Manfaatkan Kosongnya Kampus

i

Program Hotel Management UK Petra, membangun berbagai fasilitas laboratorium atau sarana praktek. SP/ Mbi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Universitas Kristen Petra memanfaatkan momentum pembelajaran secara daring yang menyebabkan kosongnya kampus dan karena pandemi ini untuk terus berbenah dan berinovasi, Selasa (09/03/2021).

“Selama pandemi COVID-19, UK Petra memanfaatkan momentum ini untuk menyiapkan yang terbaik bagi mahasiswanya. Kami terus berinovasi, membenahi dan menambah berbagai fasilitas baru, agar kualitas pembelajaran makin meningkat dan relevan dengan era post-pandemic dan era Revolusi Industri 4.0," kata Rektor UK Petra, Prof. Dr. Djwantoro Hardjito.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Salah satu contohnya, imbuh Prof. Dr. Djwantoro Hardjito, "Untuk Program Hotel Management UK Petra, kami memanfaatkan momentum ini untuk membangun berbagai fasilitas laboratorium atau sarana praktek yang baru dan sekaligus membenahi beberapa sarana praktek yang sudah ada," tambahnya.

Laboratorium baru yang dimaksud menempati lantai dasar gedung Ferry Teguh kampus UK Petra. Dr. Sienny Thio, S.E., M.Bus., mengatakan, “Awalnya ruangan ini merupakan ruangan para Dosen dan Tata Usaha dari salah satu unit yang ada di UK Petra. Penambahan itu digunakan untuk menunjang proses pembelajaran praktek dari mahasiswa khususnya dalam bidang F&B," ungkapnya selaku Ketua Program Hotel Management UK Petra.

Tak hanya sampai permak ruangan, penambahan alat-alat yang terbaik dan mutakhirpun dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa memasuki tantangan dunia profesinya kelak. “Sebab kami ingin agar mahasiswa mendapatkan hands-on experience yang lebih optimal. Laboratorium-laboratorium ini menyediakan station-stationyang diperlukan agar setiap mahasiswa dapat mempraktekkan skill-skill F&B yang diajarkan oleh dosen praktisi," tambah Sienny.

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

Program Hotel Management UK Petra juga terus meningkatkan intensitas kerjasama dengan dunia industri, sehingga pembelajaran yang sifatnya praktikum dan pengasahan skill juga melibatkan praktisi-praktisi pengalaman di industry hospitality. Total ada empat laboratorium baru di Program Hotel Management ini, yaitu Laboratorium Praktek Dasar F&B Service, Bartending, Food Production dan Pastry&Bakery.

Berisi fasilitas 12 set meja kerja yang dilengkapi dengan peralatan-peralatan mutakhir, masing-masing dua titik tungku kompor induksi, chiller dua pintu, freezer satu pintu hingga Combi Oven kapasitas tujuh deck pada Laboratorium Praktek Dasar Food Production. Mahasiswa dapat berpraktek melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan melalui combi oven yang merupakan oven desain menyatu dengan fungsi lainnya.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

Sedangkan Laboratorium Praktek Dasar Pastry & Bakery dilengkapi sembilan meja kerja lengkap dengan table mixer, kompor induksi di masing-masing meja hingga proofing cabinet. Penggunaan fasilitas bagi mahasiswa semester 4 ini ditambahkan untuk menunjang mata kuliah Operasional Tata Boga dan Operasional Patiseri dan Bakeri. Pada Semester Genap 2020/21 ini sebagian mahasiswa UK Petra sudah mulai menjalani praktikum atau penelitian di laboratorium secara terbatas dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. mbi

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU