Wabup Gresik Ajak Wartawan Bersinergi Sukseskan Program Pemerintah Daerah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Feb 2023 16:53 WIB

Wabup Gresik Ajak Wartawan Bersinergi Sukseskan Program Pemerintah Daerah

i

Wabup Gresik Aminatun Habibah saat membuka rapat kerja Komunitas Wartawan Gresik di Kota Batu, pada akhir pekan lalu. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menghadiri rapat kerja (raker) Komunitas Wartawan Gresik (KWG). Kegiatan ini mengusung tema "Mewujudkan KWG Baru yang Profesional, Kolaboratif, Edukatif, Mandiri dan Bermaslahat" digelar di sebuah hotel di Kota Batu, Sabtu (11-12/2/2023).

Turut hadir pada acara yang digelar dua tahun sekali itu Asisten I Setda Gresik Suyono, Kepala BPPKAD AM Reza Pahlevi, Kepala Disparekrafbudpora Saifudin Ghozali, Camat Manyar Zainul Arifin, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Imam Basuki, Ketua Kadin Gresik Choirul Rizal, Ketua Apindo Alfan Wahyuddin dan Pimpinan BUMD Gresik dan segenap anggota KWG.

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

Wabup Aminatun Habibah dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka mensukseskan program pemerintah. Terutama dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gresik diperlukan dukungan dan peran media.

"Teman teman media dapat mengedukasi dan mendorong kepada adik-adik kita yang belum bekerja untuk dapat mengisi slot yang masih ada di perusahaan. Sehingga pengangguran terbuka dapat dikurangi," terang Wabup.

Dikatakan, ada Perda tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan. Perusahaan di Kabupaten Gresik wajib menyerap tenaga kerja, atau Sumber Daya Manusia (SDM) lokal minimal sebesar 50 persen dari kebutuhan tenaga kerja di perusahaan.

"Tanggung jawab pelaksanaan penempatan tenaga kerja lokal bukan hanya kewajiban perusahaan, tetapi juga kewajiban Pemerintah Kabupaten," ucap Bu Min, demikian panggilan karib Wabup Gresik.

Baca Juga: Pemkab Gresik Mulai Salurkan Bansos di 18 Kecamatan

Selain itu, mantan Kepala Sekolah SMK Asa'adah menyebut, ada beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik juga masih ada yang belum membayar pajak atau terbayarkan. Ini diketahui wabup saat menghadiri acara penyerahan Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).  

"Setelah PTSL ini diketahui ada beberapa perusahaan yang tanahnya masih atas nama penduduk, sedangkan penduduk sendiri sudah menjual kepada perusahaan," ungkapnya. 

Menurut Wabup, ini akan berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu adanya investasi dan sektor pariwisata di Kota Industri sebutan lain Kabupaten Gresik sangat luar biasa. Hal ini belum tegak lurus dengan pengurangan angka pengangguran.

Baca Juga: Gresik Raih Tiga Penghargaan Dalam Top BUMD Awards 2024

Wabup berharap sektor pariwisata juga dapat ikut mendongkrak peningkatan PAD. Menurutnya Kabupaten Gresik memiliki daya tarik wisata tersendiri terutama obyek wisata religi. Dari sektor ini pula akan membuka lapangan pekerjaan baik dari sisi pengelolaan maupun UMKM jika dikemas secara baik.

"Pemerintah terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multiplier efek bagi ekonomi masyarakat," tutupnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU