Waka Polres Blitar Kota Sidak Ruang Tahanan, Guna Antisipasi Situasi Penghuni

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 03 Jan 2023 16:34 WIB

Waka Polres Blitar Kota Sidak Ruang Tahanan, Guna Antisipasi Situasi Penghuni

i

Petugas saat memeriksa ruang tahanan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Secara mendadak Waka Polres Blitar Kota Kompol Yoyok Dwi Purnomo ST.S.IK melakukan pemeriksaan ruang tahanan yang dihuni 33 para tahanan yang didampingi Kasat Tahti Iptu Widarto dan Kanit Propam Ipda Bangun.

 

Baca Juga: Siswi TK Meninggal Dunia saat Bermain Hujan-hujanan di Depan Rumah

Sebelum melakukan pemeriksaan, Waka Polres Blitar Kota mengumpulkan seluruh tahanan di ruang depan tahanan (halaman untuk senam dengan pancaran langsung sinar matahari) untuk didata dan diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan Polres Blitar kota.

"Memang hari ini (Selasa 3/1) kita melakukan pengecekan kesehatan seluruh para tahan sekaligus memeriksa pada ruang tahanan, termasuk yang disimpan (bawa) oleh para tahanan," kata Kompol Yoyok panggilan akrabnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polres Blitar Kota Sidak di Beberapa SPBU

Disinggung adanya para tahanan yang kurang mematuhi aturan ataupun bahkan upaya melarikan diri, seperti kasus di Pasuruhan orang nomor dua di Polres Blitar Kota ini menegaskan tidak ada para penghuni yang menyalahgunakan aturan aturan yang telah disampaikan, apa lagi untuk melarikan diri sangat sangat kecil kemungkinannya, dan ini merupakan pemeriksaan ruang tahan secara rutin setiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungkap Peredaran Obat Petasan, Dua Pelaku Diamankan

"Selain pengawasan dari petugas dan kepatuhan para tahanan hari ini tidak kita temukan barang barang yang bahaya termasuk bagi penghuni tahanan, memang aturan tidak boleh membawa obat obatan, bila keluhan sakit segera melapor ke petugas jaga, dan untuk kain sarung pun kita larang, karena bagian Tahti (Tahanan dan barang bukti) sudah menyediakan sarung maupun sajadah bila untuk lakukan sholat dan digelar di lorong ruangan, apalagi Masjid Kantor (Polres Blitar Kota) dekat dengan ruang tahanan, untuk suara adzan pun terdengar jelas dan lakukan sholat berjamaah pun di lorong ruang tahanan dengan mengikuti Imam dari pengeras suara," papar Kompol Yoyok pada wartawan.

Untuk kunjungan tahanan oleh keluarga satu minggu dua kali pada hari Selasa dan Kamis, dan setiap pagi para tahanan lakukan olahraga bareng di halaman ruang tahanan di pandu dengan petugas jaga, sedang untuk pemeriksaan kesehatan para tahanan setiap saat. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU