Wali Kota Eri Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Ponpes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Apr 2021 12:16 WIB

Wali Kota Eri Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Ponpes

i

Eri saat meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fitrah, Jalan Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Senin (12/4).SP/DOC SS

SURABAYAPAGI,Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan vaksinasi Covid-19 terhadap pengurus akan terus digencarkan di berbagai pondok pesantren (ponpes) yang tersebar di Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah, vaksin berjalan lancar. Kita lakukan semua secara bertahap dan merata. Nanti di ponpes lainnya pun kita data seperti di Ponpes Ndresmo," kata Eri saat meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fitrah, Jalan Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Senin (12/4).

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Dikesempatan itu, Eri menjelaskan sedikitnya ada 300 pengurus pengurus, ustaz, dan ustazah Ponpes Al- Fitrah yang sudah disuntik vaksin.

Ia menjelaskan, vaksin bagi para pengurus ponpes ini penting dilakukan. Apalagi di momen bulan suci Ramadhan, ustaz maupun ustazah kerap memiliki kegiatan di luar pondok pesantren, seperti mengisi ceramah di masjid.

Sedangkan, bagi para santri kegiatannya di dalam ponpes. "Untuk para santri juga ketika mau masuk ke pondok, mereka swab dan karantina terlebih dahulu. Jadi, yang kami swabadalah mereka yang keluar masuk pondok," ujarnya.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita menambahkan, berdasarkan data yang tercatat, per Minggu (11/4) lalu total tokoh agama yang sudah disuntik vaskin berjumlah 6,641 orang. "Terdiri dari semua tokoh agama. Ini masih terus berlanjut ya," kata Febria.

Pembina Ponpes Al-Fitrah, Muhammad Ayn El Yaqin El Ishaqi mengaku lebih dari 60 persen ustaz dan ustazah disuntik vaksin Covid-19. "Alhamdulillah, tidak ada keluhan, aman," kata dia.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Muhammad Ayn memastikan mekanisme shalat tarawih tetap akan digelar dengan disiplin protokol kesehatan (prokes). Namun begitu, dia mengaku selama shalat tarawih tidak mengundang jamaah dari luar pondok, sehingga dipastikan jamaah yang tergabung dalam shalat maupun tadarus khusus jamaah di lingkup Ponpes Al-Fitrah.

"Kita pastikan tetap menjaga prokes, terima kasih Pak Eri, semoga senantiasa selalu berkah dalam menjalankan tugasnya sebagai wali kota," demikian Muhammad Ayn El Yaqin El Ishaqi.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU