Simulasi pengamanan Pilkada Kota Kediri yang dilakukan Polresta Kediri. (SP/CAN)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Ratusan personil gabungan berkumpul di GOR Jayabaya Kota Kediri, Kamis (18/1/2018). Mereka diterjunkan di lokasi untuk mengamankan proses jalannya sejumlah tahapan Pilkada Kota Kediri 2018.

Dilokasi tersebut seluruh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri bersama timnya berkumpul untuk menyaksikan proses tahapan Pilkada. Ditengah berjalannya proses kampanye terjadi sedikit kerusuhan. Salah satu tim dari pasangan calon tidak terima hasil perhitungan suara dari KPU Kota Kediri.

Bentrokan terjadi antara petugas dengan sejumlah massa pendukung pasangan calon. Saat proses mediasi berlangsung tim dari Unit K9 terjun ikut mengamankan terjadinya kerusuhan. Kerusuhan tak terelakan saat massa mengobrak-abrik lokasi Pilkada. Bahkan bom waktu juga ditemukan di lokasi pemungutan suara. Petugas penjinak bom dari anggota brimob ikut diturunkan untuk mengevakuasi bom yang berada di lokasi. Bom diledakkan tak jauh dari lokasi pemungutan suara.

Sejumlah kegiatan simulasi pengamanan Pilkada Kota Kediri yang dilakukan Polresta Kediri berjalan lancar usai meledaknya bom. Simulasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadinya kericuhan di Pilkada nanti.

Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi mengatakan, kegiatan simulasi tersebut dilakukan sebanyak lima adegan kericuhan dalam tahapan pemilu yang diperagakan untuk diatasi oleh personil kepolisian. "Simulasi ini merupakan pengamanan dengan menggelar peragaan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pemilukada serentak tahun 2018," katanya.

Orang nomor satu di Polresta Kediri ini mengatakan, acara Sispam kota ini diadakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadi pemilu dan harapannya adegan-adegan yang ditampilkan dalam simulasi ini tidak terjadi saat pemilu berlangsung. Namun demikian, pihaknya memberikan sejumlah catatan pada seluruh petugas.

"Ada beberapa catanan kami dalam pelaksanaan sispam ini. Pertama tadi, saya melihat tim K9 belum selesai proses negosiasi, tetapi sudah melepaskan anjingnya. Kemudian pada saat menembbakkan gas air mata juga kurang tepat. Tetapi ini sifatnya masih simulasi, harapannya saat pelaksanaan dilapangan tidak demikian, sehingga harus benar benar diperhatikan," jelas AKBP Anthon.

Sementara itu, sejumlah pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri hadiri secara langsung melihat kegiatan simulasi pengamanan yang digelar di GOR Jayabaya Kota Kediri. Tak hanya itu, pengurus partai politik serta komisioner KPU Kota Kediri juga ikut menyaksikan adegan simulasi.

Simulasi pengamanan Pilkada serentak ini melibatkan sekitar 600 personil. Namun kedepan saat Pilkada dimulai akan melibatkan 1.800 petugas gabungan. Simulasi pengamanan Pilkada dengan lima adegan tersebut yaitu simulasi pengamanan lokasi kampanye, simulasi pengamanan penyandraan, simulasi pengamanan pendistribusian logistik, simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), dan simulasi pengamanan penanggulangan masa dan penentuan sispam kota. Can