Ilustrasi Pasport

SURABAYAPAGI.com - Paspor menjadi satu benda wajib yang harus dibawa saat bepergian ke luar negeri. Bagi mereka yang doyan jalan-jalan, mempercantik paspor menjadi sebuah keharusan, karena paspor akan diperlihatkan saat pertama kali mendarat di luar negeri.

Tapi, rasanya mempercantik paspor yang sudah cantik seperti paspor milik 10 negara ini menjadi hal sia-sia, bahkan desain halaman depan sudah membuat terpesona, apalagi setelah menengok bagian dalam setiap halamannya yang didesain dengan indah.

 

Dilansir laman Mental Floss, berikut ini 10 paspor yang dianggap paling cantik di seluruh dunia.

Norwegia

Paspor baru yang didesain ulang tahun 2014 menjadi salah satu paspor tercantik di dunia. Halaman dalam memperlihatkan pemandangan alam Norwegia. Ilustrasinya cukup luar biasa di cahaya normal. Paspor ini bahkan terlihat begitu hidup saat disinari cahaya UV, warnanya berubah gelap dan aurora terlihat jelas seperti pita melintang di langit malam. Sebagai informasi, Norwegia dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat aurora.

Kanada

Paspor Kanada terlihat biasa saat siang, tapi saat dilihat dalam cahaya di halaman dalamnya, akan berubah menjadi ilustrasi bercahaya dari pemandangan dan simbol Kanada, dari air terjun Niagara sampai daun maple.

 

 

China

Tak hanya Kanada, China juga memiliki paspor dengan desain rahasia UV di halaman dalamnya. Gambar ilustrasi seperti Tembok Besar China menjadi salah satu yang menghiasi halaman dalam paspor.

Selandia Baru

Sebagai negara yang dikelilingi air, Selandia Baru telah menjadi negara para petualang. Setiap halaman dari paspor Selandia Baru menceritakan banyak perjalanan yang dialami penduduk Selandia Baru sepanjang sejarah. Tampilan halaman depan paspor ini juga cukup cantik dengan gambar menyerupai pohon berjajar di sisi kanan paspor

Indonesia

Desain paspor Indonesia juga masuk menjadi salah satu paspor tercantik di dunia, dengan gambar yang cerah dari berbagai flora fauna Indonesia.

Swedia

Dirancang ulang tahun 2012, paspor Swedia menggunakan ilustrasi bird eye view dari landmark dan lingkungan Swedia. Hal itu masih ditambah lagi dengan gambar aneh yang muncul saat meletakkan dibawah cahaya UV.

Inggris

Inggris selalu rutin merancang ulang paspor mereka setiap lima tahun sekali untuk alasan keamanan. Desain terbaru mereka tahun 2015 memperlihatkan ilustrasi inovator Inggris, termasuk seniman modern Anish Kapoor dan pemogram komputer pertama, Ada Lovelace. serta watermark William Shakespeare di setiap halaman.

Amerika Serikat

Paspor Amerika Serikat penuh dengan ilustrasi landscape klasik Amerika yang dipadukan dengan pepatah dari pemimpin Amerika Serikat.

Filipina

Dirilis tahun 2016, halaman dalam paspor Filipina dilengkapi dengan gambar ilustrasi tujuan wisata, landmark, dan hewan.

Meksiko

Setiap halaman paspor Meksiko dibuat penuh warna dengan lapisan tangan berbeda yang menggambarkan 31 Negara bagian dan distrik di Meksiko.

Swiss

Warna merah menyala dengan desain halaman depan yang minimalis, membuat paspor ini sungguh terlihat cantik dan menarik. Pola geometris di halaman dalam paspor juga mengagumkan. (viv/cr)