Ilustrasi Rambut Rusak

SURABAYAPAGI.com - RambutAnda kering, kusam dan rontok serta terasa kasar? Jika iya, ini disebabkan oleh polusi udara, sehingga rambut kehilangan nutrisi dan protein yang akhirnya mengakibatkan kerusakan rambut.

Untuk mencegah semua masalah tersebut selain menggunakan sampo, telur juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk menjadikan rambut sehat kembali.

Hal ini dikarenakan kandungan protein pada telur membantu menguatkan, meningkatkan pertumbuhan dan melembutkan tekstur rambut. Maka dari itu ada beberapa bahan alami yang mudah didapatkan di rumah dengan campuran telur sebagai bahan utamanya. Berikut uraiannya :

1. Kuning telur dan minyak zaitun

Telur dan minyak zaitun membantu menghidrasi dan merawat kelembutan rambut. Caranya cukup mudah, campurkan dua butir telur dan dua sendok makan minyak zaitun kemudian aduk hingga merata sempurna. Usapkan di seluruh kepala, kemudian diamkan masker rambut tersebut selama 1-2 jam. Setelah itu berikan sampo dan bilas dengan air dingin. Serta jangan lupa gunakan kondisioner supaya hasilnya lebih maksimal. Anda dapat melakukannya satu kali dalam seminggu.

2. Mayones dan telur

Kandungan zat yang ada pada mayones bagus untuk dijadikan obat alami untuk rambut. Cukup Anda ambil 4 sendok makan mayones dan campurkan dengan dua butir telur serta sedikit minyak zaitun. Setelah tercampur oleskan dari akar hingga ujung rambut. Bilas dengan air setelah 30 menit.

3. Madu dan telur

Selain menggunakan mayones dan minyak zaitun, telur juga dapat dicampurkan dengan madu. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Usapkan pada rambut kemudian tutupi rambut Anda dengan plastik atau kain. Madu bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan begitu rambut Anda yang rontok dapat dikurangi dengan penggunaan campuran ini.

4. Minyak kelapa dan telur

Tidak hanya digunakan dalam menggoreng, minyak kelapa juga dapat dijadikan alternatif untuk memperkuat rambut. Campurkan dua sendok makan minyak kelapa dan satu kuning telur, kemudian kocok hingga tercampur rata. Setelah itu usapkan ke seluruh rambut sembari memijatnya dengan lembut. Setelah 20 menit, bilas rambut dengan air bersih.

5. Cuka dan telur

Hal yang perlu diperhatikan adalah campurkan dua kuning telur, empat sendok makan cuka, dua sendok makan air lemon dan minyak zaitun. Kocok semua bahan hingga merata. Aplikasikan campuran ke seluruh rambut. Jika Anda menggunakannya sekali dalam seminggu maka Anda akan mendapatkan rambut lembut selembut sutera. (oz/02)