Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengecek langsung kesiapan pos unggulan Polres Gresik pengamanan lebaran di Duduksampeyan. (Ft. Mis/SP).

SURABAYA PAGI, Gresik - Jalur Pantura selalu saja menyitah perhatian pejabat pemerintah pusat, menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri. Tidak heran jika jalur Pantura ini selalu mendapat perhatian khusus baik dari sisi pengamanan maupun titik-titik rawan kemacetan.

Untuk memastikan kesiapan fasilitas dan pengamanan di jalur ini, Minggu (10/6/2018), Kapolri Jenderal Tito Karnavian dijadwalkan akan turun langsung meninjau jalur ini. Kedatangan Tito Karnavian tidak sendiri. Dia akan datang bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto membenarkan terkait rencana kedatangan Kapolri, Panglima TNI dan Menteri Perhubungan di wilayah Jawa Timur. Kedatangan orang nomor satu di tubuh Polri tersebut menurut AKP Wikha, untuk meninjau langsung fasilitas jalan dan kesiapan pengamanan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah di jalur Pantura.

"Beliau akan mengecek jalur tol hingga ke Mantingan Ngawi. Sekaligus meninjau pos pengamanan lebaran Polres Gresik di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik," kata AKP Wikha, Sabtu (9/6/2018).

Pos ini lanjut Wikha, merupakan pos pengamanan unggulan milik Polres Gresik yang berada di jalur nasional Duduksampeyan. Pos berlantai dua ini terinspirasi dengan desain Masjid Arif Nurul Huda Polda Jawa Timur yang diresmikan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Pos ini dikengkafi fasilitas front office, ruang tamu, ruang kesehatan, meeting room, command center, menara pantau dan ruang istirahat anggota," urai Wikha.

Ditambahkan oleh mantan Kasatlantas Polres Mojokerto ini, bahwa khusus di ruangan command center telah disediakan monitor CCTV dan aplikasi monitor Go Sigap (Giri online sistem informasi gangguan keamanan dan pelayanan pengaduan).

"Fungsinya untuk memantau pengaduan masyarakat," tandasnya.mis