Ilustrasi ikan goreng.

SURABAYAPAGI.com - Memasuki awal tahun, setiap orang pasti ingin hidup lebih sehat. Salah satu caranya adalah mulai mengurangi makanan cepat saji dan mulai memasak makanan sendiri. Selain sayur, ikan juga menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dipilih untuk menunjang gaya hidup sehat.

Selain harganya yang murah, cara mengolah ikan pun juga terbilang mudah. Salah satunya adalah dengan teknik menggoreng ikan. Bagi yang sudah terbiasa menggoreng ikan, tentu ini bukanlah perkara yang sulit. Namun, bagi yang belum terbiasa, pasti menggoreng menjadi hal yang menjengkelkan.

Nah, berikut ini tujuh tips menggoreng ikan bagi para pemula, dilansir dari laman So Delicious,Jumat, 4 Januari 2019.

1. Cara memilih ikan

Hasil gambar untuk Ikan segar

Untuk mengetahui mana ikan yang baik dikonsumsi ketika membelinya di pasar, Anda perlu mengecek kondisi fisik ikan. Ikan yang segar biasanya akan memiliki lapisan lendir, warna yang cerah dan berkilau. Perutnya harus bulat. Ketika perut terlihat kempes, maka ikan itu mungkin telah ditangkap beberapa hari sebelumnya.

Kemudian, tekan ikan yang ingin Anda beli. Jika teksturnya terasa kencang, maka itu baik untuk dimakan. Dan jangan lupa untuk melihat mata ikan. Jika matanya transparan dan berkilau, maka ikan tersebut segar.

2. Keringkan ikan

Gambar terkait

Setelah Anda mem-filletdaging ikan, ambil tisu kertas atau tisu dapur lalu keringkan. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian dalamnya juga. Mengingat terlalu banyak air dalam ikan dapat merusak proses memasak karena menurunkan suhu minyak.

3. Jangan pilih ikan yang terlalu berlemak

Hasil gambar untuk ikan berlemak

Pilih jenis ikan yang lebih kecil tanpa banyak lemak, karena Anda dapat menggorengnya dengan lebih mudah. Hasilnya akan renyah di bagian luar dan lembap juga lembut di bagian dalamnya.

4. Gunakan minyak secukupnya

Hasil gambar untuk minyak untuk goreng ikan

Tidak peduli seberapa sehatnya itu, ingatlah bahwa minyak zaitun sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menggoreng. Jadi, gunakan minyak nabati atau jenis lain dengan titik asap yang lebih tinggi.

5. Atur suhu minyak untuk menggoreng

Hasil gambar untuk suhu menggoreng ikan

Gunakan suhu panas sedang hingga tinggi untuk memastikan bahwa bagian luar ikan bertekstur renyah. Bagaimana Anda tahu kalau minyaknya sudah panas? Jika minyak sudah panas, Anda akan melihat gelembung-gelembung kecil terbentuk di dalam minyak.

Cara lainnya untuk mengetahuinya adalah dengan memasukkan ujung sendok ke dalam minyak dan jika itu membentuk gelembung, berarti suhu tersebut sudah tepat. Masukkan ikan segera.

6. Jangan terus membaliknya


Tidak sedikit dari kita yang tidak sabar ketika menggoreng ikan. Maka tidak heran orang sering membolak-balikkan ikan untuk mengecek apakah ikan tersebut sudah matang atau belum. Tapi ternyata tindakan itu salah. Sering membolak-balikkan ikan ternyata berpengaruh pada kerenyahan ikan. Waktu memasak harus sekitar tiga menit di setiap sisi.

7. Beri bumbu


Jangan pernah lupa membumbui makanan Anda. Taburi ikan dengan garam di kedua sisi, sebelum Anda menggorengnya. Jangan lupa berikan sedikit minyak dan tambahkan sedikit lada juga. v