Liga Inggris di Stadion Vitality, Bournemouth, 31 Januari 2019. Bournemouth menggilas habis Chelsea 4-0.

SURABAYAPAGI.com - Legenda sepak bola Inggris, Alan Shearer, mengecam Chelsea dan pelatih Maurizio Sarri setelah klub itu dikalahkan Bournemouth 0-4 dalam lanjutan Liga Inggris di Dean Court, Rabu malam.

"Itu adalah peforma dan kekalahan yang memalukan," kata dia saat menjadi komentator untuk acara Match of the Day.

Bagi Chelsea, kekalahan 4-0 itu menjadi yang terburuk dialami di Liga Inggris dalam 23 tahun terakhir. Kini mereka pun melorot ke urutan kelima klasemen, disalip Arsenal yang unggul selisih gol.

Seusai laga itu, Sarri sempat menyatakan rasa frustrasinya akan permainan timnya. Ia menyebut para pemainnya susah untuk dimotivasi.

Shearer menyebut, komentar seperti itu tak tepat datang dari pelatih. "Ketika tim menghadapi jalan buntu, Anda harus berkata pada tim ’Ayolah beri kami sesuatu’. Ia kembali melihat dengan cara yang sama pada timnya, untuk kedua kalinya secara beruntun," kata mantan pemain Newcastle ini.

Kekalahan dari Borunemouth ini memang menjadi yang kedua dialami Chelsea secara beruntun di Liga Inggris. Sebelumnya mereka ditekuk Arsenal 2-0.

Shearer melanjutkan, "Ia kembali muncul dan mengatakan sulit untuk memotivasi para pemainnya. Well, adalah pekerjaannya untuk memotivasi para pemain ini."

Kondisi tim juga disebut Shearer tak bisa jadi alasan Sarri. "Ia kini sudah mendapat pemainnya, yakni (Gonzalo) Higuain. Jadi mereka harus meningkat, karena kini sudah berada di luar posisi empat besar. Mereka harus meningkatkan performanya, dengan luar biasa."

Kekalahan telak yang dialami Chelsea ini sempat disebut-sebut membuat Sarri terancam dipecat. Kondisinya tentu akan lebih buruk bila kembali kalah di laga berikutnya, melawan Huddersfield 2 Februari nanti.