•   Sabtu, 28 Maret 2020
SGML

25 Kades Dilantik, Fadeli Ingatkan Penggunaan Dana Desa Sesuai Aturan

( words)
Bupati Fadeli memberikan SK Pelantikan terhadap kepala desa Pelang Kecamatan Kembangbahu Lamongan. FOTO :SP/ MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Sebanyak 25 Kepala Desa di Lamongan Rabu (10/10/2018) resmi dilantik oleh bupati H Fadeli di Pendopo Lokatantra. Bersamaan dengan pelantikan itu, Fadeli juga memberhentikan 25.

Dalam amanat sambutanya, Fadeli mengingatkan agar kepala desa yang baru dilantik tersebut mengunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kepentingan rakyat, dan harus sesuai dengan aturan, agar belakangnya tidak menimbulkan masalah.

“Pertama kami ucapkan selamat menjadi Kepala Desa. Berikutnya adalah saya tegaskan Kades-Kades baru ini harus menggunakan Dana Desa untuk kepentingan pembangunan dan rakyat sepenuhnya” kata Fadeli.

Menurutnya, jika ada Kades yang nekad penyalahgunakan Dana Desa untuk pentingan pribadi, maka resikonya adalah jeratan hukum, dan secara politik akan merusak citranya sendiri dan tidak akan dipilih kembali oleh warga desanya dalam pemilihan kepala desa periode berikutnya.

“Terkait pengunaan Dana Desa ini, kita sebenarnya sudah melakukan pengawalan dengan bekerjasama dengan Kejaksaan dan Kepolisian agar semua proyek yang didanai Dana Desa sesuai penggunaannya," ungkap orang nomer satu di Pemkab Lamongan itu.

Fadeli juga menegaskan agar Kades-Kades baru ini segera merangkul calon kades yang menjadi lawan saat Pemilihan Kades, serta merangkul tokoh-tokoh di desa setempat demi pembangunan desa. “Usai dilantik di Pendopo Lokatantra ini, agar segera bekerja. Dan yang tidak kalah penting, rangkul semua masyarakat, termasuk kemarin yang menjadi rival saat pemilihan,"perintahnya.

Sekedar diketahui sebanyak 25 Kepala Desa (Kades) yang diambil sumpah dan dilantik di Pendopo Lokatrantra Lamongan tersebut adalah hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang dilakukan pada Minggu (26/8) lalu.

Pilkades massal waktu itu diantaranya digelar di wilayah Kecamatan Babat, yakni
Di Desa Moropelang dan Desa Sambangan.
Sedangkan di wilayah Kecamatan Kalitengah Pilkades dilaksanakan di Desa Kuluran dan di Desa Tiwet. Dan di Kecamatan Glagah di Desa Sudangan.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Karangbinangun Pilkades dilakukan di Desa Gawe Rejo, Desa Karangbinangun dan di Desa Palangan” kata Kabag Humas Protokoler Agus Hendrawan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, tambahnya, Pilkades juga di gelar di Desa Gelap, Desa Centini dan Desa Jabung Kecamatan Laren. Sedangkan di Kecamatan Lamongan, Pilkades dilaksanakan di Desa Made.“Dan di sejumlah desa lainya yang secara keseluruhan desa yang menggelar pemilihan Kepada Desa tersebut sebanyak 25 desa," pungkasnya. jir

Berita Populer