•   Rabu, 26 Februari 2020
Uncategories

6 Hal yang Hanya Akan Kamu Temukan Saat Bulan Ramadan

( words)


SURABAYAPAGI.com - Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dimana penduduknya mayoritas beragama Islam. Mereka selalu antusias menyambut bulan penuh berkah ini.

Segala persiapan dilakukan seperti mukena baru, sarung baru dan sajadah baru adalah sebagian kecil dari persiapan yang sudah umum terjadi dalam masyarakat kita. Bulan Ramadan datang hanya sekali dalam satu tahun, maka tidak heran apabila mereka suka cita melakukan banyak hal baik dengan harapan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Beberapa hal memang hanya akan terjadi di bulan Ramadan dan tentu saja akan selalu kita rindukan di bulan lainnya. Lalu, apa sajakah hal istimewa yang selalu dirindukan tersebut?

1. Shalat berjamaah

Image
Di bulan Ramadan, tempat ibadah umat Islam seperti bertambah kecil saja karena jamaah membludak. Mereka berbondong-bondong pergi ke masjid untuk shalat berjamaah, terlebih saat shalat tarawih, shalat subuh dan shalat maghrib. Biasanya ada kegiatan ceramah setelah shalat subuh dan setelah shalat ashar sebelum waktu berbuka puasa tiba.

2. Suasana sahur dan buka puasa

Image
Merasa terganggu dengan suara keramaian pada jam 3 pagi? Terkadang suara dan tabuhan kentongan dari orang-orang yang membangunkan sahur memang sangat keras.

Terlepas dari itu kita sudah seharusnya berterima kasih pada mereka yang dengan sukarela membangunkan orang lain sahur padahal banyak dari kita yang malas bangun dengan alasan masih mengantuk.

Tidak terbayang mereka yang seharusnya makan sahur dengan keluarga bahkan ikhlas kedinginan demi membangunkan kita untuk sahur. Kamu menginginkan suasana antimainstream saat sahur atau ingin merasakan udara dingin seperti yang mereka rasakan? Silakan mencoba sahur on the road.

Tentu tidak hanya suasana sahur saja yang akan kita rindukan ketika bulan Ramadan berakhir, suasana berbuka puasa pun sama. Mendekati waktu berbuka puasa jarum jam seperti lama sekali berputar.

Daripada sebal menunggu, kita dapat ngabuburit dengan teman atau keluarga sembari menunggu bedug maghrib. Waktu berbuka puasa juga bisa dijadikan ajang silaturrahmi dengan kawan lama. Kita bisa buka bersama dengan mereka.

3. Penjual takjil di mana-mana

Image
Pernahkah kalian melihat di pinggir jalan yang biasanya tidak digunakan untuk berjualan tiba-tiba di bulan Ramadan menjadi tempat berkumpulnya para penjual makanan?

Rupanya hal itu sudah lumrah terjadi dalam lingkungan kita. Biasanya di bulan Ramadan perilaku konsumtif masyarakat meningkat, melihat makanan yang dijajakan penjual membuat mereka ingin membeli semuanya. Peluang ini mampu ditangkap dengan baik oleh para penjual takjil dadakan.

4. Kolak dan buah kurma menjadi menu wajib

Image
Rasanya tidak afdhol waktu berbuka puasa jika tidak dibarengi dengan hidangan menu kolak dan buah kurma. Kedua menu ini menjadi menu wajib saat berbuka puasa.

5. Suara tilawah Al-Quran di masjid

Image
Di bulan Ramadan suara tilawah Al Quran akan lebih sering kita dengar daripada di bulan lainnya, terlebih setelah shalat Ashar. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, mereka melantunkan ayat-ayat suci Al Quran.

6. Maraknya petasan

Image
Siapa yang merindukan ini? Bermain petasan tidak patut kita tiru. Bermain petasan dilarang karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Sudah banyak bukti akan hal ini, namun tetap saja tidak membuat penjual dan pembeli sadar untuk tidak lagi berhubungan dengan petasan. Nah, untuk yang satu ini lebih baik kita hindari, ya.

Jadi, sebelum waktu Ramadan berakhir dan kamu akan merindukannya nanti, marilah kita bersama-sama menjalaninya dengan baik agar mendapat banyak pahala dari Allah SWT. Melakukan yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarang. Semoga puasa kita semua lancar. Aamiin. idn

Berita Populer