•   Rabu, 20 November 2019
Surabaya

Berkat Pak De Karwo, 1.000 Wartawan Jatim sudah Bersertifikasi

( words)
Pak De Karwo, saat disambut oleh Ketua PWI Jatim Akhmad Munir di Bandara Minangkabau, Padang, Kamis (8/2/2018) siang kemarin. Pak De Karwo mendapat penghargaan Pena Mas oleh PWI dan akan diberikan pada puncak HPN 2018 Jumat hari ini. Foto: SP/PWI Jatim


Hadiri Langsung Puncak HPN 2018 di Padang

SURABAYAPAGI.com, Padang – Pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, PWI Jatim menganugerahkan penghargaan secara khusus kepada Gubernur Jatim Pakde Karwo. Bahkan, PWI Jatim dan PWI Pusat akan menganugerahkan penghargaan secara langsung di Padang, Sumatera Barat, pada puncak HPN 2018, Jumat (9/2/2017) hari ini.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua PWI Jatim Akhmad Munir, Kamis (8/2/2017) kemarin. Munir menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan karena sumbangsih Gubernur Jatim dua periode tersebut kepada insan pers di Jawa Timur. "Di bawah kepemimpinan Pakde Karwo, Beliau memiliki sumbangsih yang luar biasa untuk melakukan akselerasi pada kaitan sertifikasi wartawan. Saat ini, di Jawa Timur, ada sekitar 1.000 lebih wartawan yang sudah bersertifikasi," kata pria yang disapa Kak Toan Munir kepada Surabaya Pagi, Kamis (8/2/2018) di Padang. Bahkan, Jawa Timur, tambah Munir, memiliki jumlah wartawan tersertifikasi Dewan Pers paling banyak di Indonesia.
Momen peringatan HPN ini juga, menurut Munir harus bisa memberikan refleksi kepada segenap insan pers yang ada, khususnya di Jawa Timur. "Di era sekarang, ada dua tantangan besar bagi pers. Pertama, adalah terkait maraknya informasi yang beredar di tengah masyarakat. Nah ini menjadi tugas kita, insan pers, untuk bisa memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Ini penting, agar masyarakat tidak terjebak dengan berita hoax yang sudah jelas tidak benar," jelasnya.
Kemudian, terkait perkembangan teknologi. "Untuk perkembangan teknologi. Insan pers dan media ini tidak boleh takut atau berlawanan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Justru harus bisa bersinergi dengan perkembangan teknologi yang ada. Ini juga tantangan bagi pers dan media," tambah Ketua PWI Jatim dua periode tersebut.
Di sisi lain, momen peringatan HPN dan sekaligus HUT PWI ke 72 tahun, menurut Munir juga menjadi saat yang tepat untuk pemantapan sikap bagi segenap insan pers di tahun politik. Independensi pers dan media di tengah-tengah masa Pilkada Serentak 2018 perlu untuk tetap dijaga. "Harus itu(independen) dijaga. Tidak boleh berpihak. Tapi, disini bukan independensi yang ada di ruang kosong. Tapi memberikan informasi-informasi kebenaran tentang mereka yang menjadi peserta Pilkada Serentak 2018 kepada masyarakat. Ini penting untuk membantu pemilih dalam menentukan pilihan mereka nantinya," tegas pria asli Madura itu.
Puncak HPN 2018, akan digelar Jumat (9/2/2018) hari ini di Danau Cempago Padang, yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sejak pukul 08:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB. Ifw/rmc

Berita Populer