Dalam Pengawalan Pilkada, Brimob Humanis

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pasukan elite Polri, Brimob harus Humanis. Apalagi, mereka telah terlatih ikut dalam operasi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dan, di Jawa Timur akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan saat ini proses pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum di Jawa Timur sedang berlangsung.
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin saat berkunjung di markas komando Brimob di Taman, Sepanjang melakukan pengecekan kesiapan pasukan Brimob. "Mereka telah siap dan telah terlatih," kata Kapolda Jatim usai memberikan paparan kepada sejumlah anggota Brimob.
Machfud mengapresiasi kemampuan Brimob Jatim yang sering dimintai bantuan pengaman seperti pengamanan pemilukada DKI tahun kemarin dan berjalan baik. "Pengalaman di DKI, masak untuk daerah sendiri harus lebih baik," tegasnya.
Yang jelas, mantan Kadiv TI Mabes Polri personil Brimob Jatim memiliki nilai tambah lebih. "Mereka terlatih humanis dalam mengamankan warga yang kurang puas," tandasnya.
Makanya, Pasukan Brimob harus bisa meredam pada saat situasi yang tak dikenhendaki, ketidakpuasan dan anarkis. "Brimob hadir turun, tuntas dan selesai supaya tak berkembang dan melokalisir," tegasnya.
Dan jumlah personil Brimob Polda Jatim yang akan diterjunkan dalam Pilkada Jatim berjumlah 2003 personil. Tapi tak semuanya turun akan tetap dibagi-bagi.
Hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Awang Samudra, Irwasda Kombes Pol. Wahyudi Hidayat, Karo Ops Kombes Pol. Hery Sitompul, Ditreskrimum Kombes Pol. Agung Yudha, Kasat Brimob Kombes Pol.IKetut Gede Widjatmika.nt