Nobar Indonesia vs Argentina Tumbuhkan Sektor UMKM di Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Jun 2023 09:20 WIB

Nobar Indonesia vs Argentina Tumbuhkan Sektor UMKM di Jember

i

Acara nobar FIFA Matchday Indonesia Vs Argentina di Alun-alun Jember, Senin (19/6/2023). Foto: Diskominfo Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Kegiatan nonton bareng (nobar) FIFA Matchday antara Indonesia Vs Argentina yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember di alun-alun Jember pada Senin (19/6/2023) malam, rupanya membawa berkah tersendiri bagi perekonomian Kabupaten Jember.

Antusiasme masyarakat Jember begitu tinggi terhadap perhelatan nonton bareng sepak bola laga persahabatan tersebut. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jember untuk menggiatkan pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM di wilayah setempat.

Baca Juga: Lokapasar Wajib Patuhi Permendag 31/2023

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jember Sartini mengungkapkan bahwa ada sekitar 300 UMKM dan pedagang kaki lima yang memadati sekitar area nobar di alun-alun Jember.

Ia mengatakan bahwa kegiatan nonton bareng yang dipadati pengunjung tentu menjadi berkah bagi para UMKM dan pedagang yang berada di alun-alun untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

"Kami melakukan pendataan terhadap seluruh UMKM dan pedagang yang berada di kawasan alun-alun untuk mengetahui seberapa besar perputaran ekonomi saat kegiatan nobar laga persahabatan Indonesia vs Argentina," kata Sartini di sela-sela kegiatan nobar di alun-alun Jember.

Baca Juga: Perajin Tusuk Sate Panen Cuan Jelang Kurban Idul Adha

"Saya berharap kegiatan nobar di alun-alun dapat membangkitkan UMKM dan para pedagang pascapandemi, sehingga dapat mendongkrak sektor perekonomian di Jember," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bobby Arie Sandy menuturkan bahwa warga yang nobar bisa membeli sejumlah produk UMKM dan makanan ringan hingga berat yang berada di sekitar alun-alun Jember.

Baca Juga: Perajin Anyaman Diberdayakan Lewat Kompetisi

"Gebyar UMKM sudah dimulai sejak Minggu (18/6) dan ada hiburan juga selain acara nobar laga persahabatan Indonesia vs Argentina, sehingga masyarakat bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia sambil nobar," ujarnya.

Arie juga berharap kegiatan nonton bareng dapat meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk lokal dan sektor perekonomian juga bergerak karena terjadi transaksi jual beli yang cukup besar dibandingkan akhir pekan. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU