1.200 Ulama dan Imam Masjid Disuntik Vaksin Covid-19

Wakil Bupati Aminatun Habibah didampingi Ketua MUI dan Kadinkes saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi imam masjid. FOTO: SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI, Gresik - Pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat Gresik semakin diperluas. Jika sebelumnya menyasar para pedagang di pasar, kini giliran para ulama dan imam masjid menjadi prioritas mendapatkan suntikan vaksin.

Kegiatan vaksinasi bagi 1.200 ulama dan imam masjid/musala dibuka resmi oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, bertempat di Halaman Kantor Bupati Jl Wahidin Sudirohusodo Gresik, Sabtu (6/3).

Ikut hadir di acara tersebut Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, Kakan Kemenag Gresik Markus, Ketua MUI KH Mansur Sodiq, pimpinan ormas keagamaan dan para kepala OPD di lingkungan pemkab.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Saifudin Ghozali dalam laporannya mengemukakan bahwa pilihan prioritas pemberian vaksin kepada para ulama dan imam-imam masjid karena sebentar lagi umat Islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 Hijriah.

"Menjelang puasa Ramadan kita ingin melindungi dan memproteksi para imam masjid dan musala untuk divaksin. Karena mereka adalah garda terdepan dalam menyemarakkan kegiatan ibadah di bulan suci Ramadan," ujar Ghozali.

Ditambahkan, vaksinasi bagi 1.200 ulama dan imam masjid dilakukan secara serentak di 18 kecamatan di Gresik. Untuk 5 kecamatan wilayah kota, yakni Kecamatan Gresik, Kebomas, Manyar, Duduksampeyan dan Cerme digelar di Kantor Bupati Gresik.

Kegiatan vaksinasi massal bagi para imam masjid dan musala tersebut mendapat apresiasi dari Wabup Gresik Aminatun Habibah.

"Kami berharap vaksinasi untuk para kiai dan imam masjid ini bisa lebih mengoptimalkan peribadatan saat bulan Ramadan nanti. Ini akan memberikan rasa aman kepada jamaah dan tidak merasa ragu untuk beribadah di masjid saat Ramadan," kata Bu Min, panggilan akrab Wabup Gresik. Tentu saja vaksinasi ini tidak berhenti disini, semua kiai, imam masjid serta masyarakat di beberapa wilayah kecamatan akan mendapat vaksin, yang bisa diperoleh di fasilitas kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Tentu saja dengan keberhasilan vaksinasi ini, akan memberikan dampak positif ke masyarakat terutama pada kesejahteraan masyarakat," tandasnya optimistis. Sementara Ketua MUI Gresik KH Mansur Shodiq menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta segenap jajaran Pemkab Gresik.

“Kami merasa sangat diperhatikan. Tentu saja vaksinasi ini merupakan salah satu ikhtiar dhohir selain doa. Kami sangat mendukung upaya ini, harapan kami agar semua imam masjid, kiai dan bahkan masyarakat bisa ikut vaksinasi ini,” harapnya.

Untuk lebih mempercepat Vaksinasi di Gresik, Bu Min juga mencanangkan 1000 orang Vaksinator yang akan melaksnakan tugas vaksinasi di seluruh Kabupaten Gresik. Selain itu, Wabup juga mencanangkan 200 tempat fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Gresik untuk melaksanakan vaksinasi. did