2 Ton Pupuk Bersubsidi Diselundupkan ke Situbondo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Agu 2021 20:16 WIB

2 Ton Pupuk Bersubsidi Diselundupkan ke Situbondo

i

Petugas mengamankan pupuk bersubsidi yang hendak diselundupkan.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Sebanyak 2 ton pupuk bersubsidi dari Banyuwangi nyaris diselundupkan ke Situbondo. Beruntung aksi tersebut berhasil digagalkan polisi. Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan 2 orang.

Terungkapnya kasus ini berawal saat Sat Intelkam Polresta Banyuwangi melakukan patroli dan investigasi, Rabu (11/8) malam. Sebuah mobil pikap Gran Max warna hitam Nopol P 9336 V melintas di perbatasan Banyuwangi-Situbondo dihentikan oleh aparat. Setelah diperiksa, mereka tak bisa menunjukkan surat jalan pupuk bersubsidi tersebut.

Baca Juga: Ratusan Pemudik asal Madura Padati Pelabuhan Jangkar

"Kita dapat limpahan dari Sat Intelkam atas dugaan kasus penyimpangan pupuk subsidi. Dua orang saat ini masih menjalani pemeriksaan," ujar Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi AKP Mustijat Priyambodo kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).

Dua orang yang diamankan adalah MR (20), warga Desa Alasbuluh, Wongsorejo dan RYA (18) warga Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.

"Keduanya berencana menjual pupuk urea subsidi ke Situbondo," tambahnya.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

Pada pemeriksaan sementara, kedua terduga pelaku mengaku membeli pupuk bersubsidi jenis urea dari warga Desa Alasbuluh, Wongsorejo dengan harga Rp 290 ribu per kuintal. Rencananya, pupuk itu akan dijual ke Situbondo dengan harga Rp 310 ribu per kuintal.

"Jadi pupuk ini dibeli dari saudara E di Desa Alasbuluh. Setelah diangkut pas di perbatasan Banyuwangi Situbondo mereka dihentikan polisi. Langsung mereka dibawa ke Mapolresta Banyuwangi," tambahnya.

Saat ini, kedua terduga pelaku dan barang bukti berupa kendaraan pikap dan 2 ton pupuk bersubsidi masih diamankan di Mapolresta.

Baca Juga: Menyeberang ke Madura, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik

"Kita dalami. Tentu jika terbukti akan kita jerat dengan undang-undang yang berlaku," pungkasnya.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU