Akibat Luapan Sungai, Beberapa Rumah Warga di Mojokerto Terendam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Feb 2021 10:30 WIB

Akibat Luapan Sungai, Beberapa Rumah Warga di Mojokerto Terendam

i

Sungai Sumber Pasinan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto SP/DECOM

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto – Banjir di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto merendam pemukiman warga. Banjir yang terjadi diguga akinat luapan  Sumber Pasinan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Zaini, mengungkapkan jika luapan air itu bisa naik dan menggenang akibat hujan yang merata dengan instensitas tinggi.

Baca Juga: 5.000 Properti di Rusia Terendam Banjir

"Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang dengan ketinggian antara 40 cm sampai 50 cm,” ungkapnya, Senin (8/2/2021).

Zaini menambahkan bukan hanya merendam pemukiman, tetapi banjir telah merusak sawah. Selebar 15 hektar area persawahan tergenang banjir.

"Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang dengan ketinggian antara 40 cm sampai 50 cm,” ungkapnya, Senin.

Baca Juga: Banjir Lahar Terjang 495 KK di Tujuh Kecamatan Lumajang, 6 Jembatan Rusak

Perangkat desa bersama dengan Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan pengecekan beberapa titik yang memiliki potensi jebol. Selain itu zaini mengungkaokan pihaknya akan segera melakukan nominalisasi dibeberapa sungai seperti Sungai Sumber Pasinan, Sumber Sookoco Sumber Kaligoro.

“Hendaknya, normalisasi di 3 sungai tersebut segera dilakukan oleh OPD teknis dan membuat tanggul permanen di 3 sungai tersebut. Namun alhamdulillah, pagi ini banjir yang merendam puluhan rumah warga sudah surut,” jelasnya. Arb3

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU