Akibat Luapan Sungai, Beberapa Rumah Warga di Mojokerto Terendam

Sungai Sumber Pasinan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto SP/DECOM

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto – Banjir di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto merendam pemukiman warga. Banjir yang terjadi diguga akinat luapan  Sumber Pasinan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Zaini, mengungkapkan jika luapan air itu bisa naik dan menggenang akibat hujan yang merata dengan instensitas tinggi.

"Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang dengan ketinggian antara 40 cm sampai 50 cm,” ungkapnya, Senin (8/2/2021).

Zaini menambahkan bukan hanya merendam pemukiman, tetapi banjir telah merusak sawah. Selebar 15 hektar area persawahan tergenang banjir.

"Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang dengan ketinggian antara 40 cm sampai 50 cm,” ungkapnya, Senin.

Perangkat desa bersama dengan Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan pengecekan beberapa titik yang memiliki potensi jebol. Selain itu zaini mengungkaokan pihaknya akan segera melakukan nominalisasi dibeberapa sungai seperti Sungai Sumber Pasinan, Sumber Sookoco Sumber Kaligoro.

“Hendaknya, normalisasi di 3 sungai tersebut segera dilakukan oleh OPD teknis dan membuat tanggul permanen di 3 sungai tersebut. Namun alhamdulillah, pagi ini banjir yang merendam puluhan rumah warga sudah surut,” jelasnya. Arb3