Aliansi Seniman Jaranan Gelar Aksi Demo Makan Paku

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Okt 2021 17:44 WIB

Aliansi Seniman Jaranan Gelar Aksi Demo Makan Paku

i

Aksi demo yang dilakukan aliansi seniman jaranan di halaman kantor kecamatan Pesantren.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Simulasi pentas seni jaranan di Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren pada Minggu, (3/10) kemarin dibubarkan oleh aparat kepolisian. Meski pentas tersebut telah mengantongi izin kegiatan, namun polisi masih membubarkan kegiatan.

Imbas dari pembubaran kegiatan tersebut, puluhan pelaku seni jaranan yang tergabung dalam Aliansi Seniman Kediri menggelar aksi demo di Kantor Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Kantor DPD PSI Surabaya Didemo Ratusan Simpatisan

Mereka menuntut adanya kelonggaran pentas di masa PPKM Level I.

"Kami meminta agar kejadian itu tidak terulang lagi. Mengingat, Wali Kota Kediri telah memberikan izin untuk dilakukannya acara pentas seni," tegas Hanif, Rabu (6/10).

Menurutnya, pembubaran simulasi pentas seni jaranan oleh aparat kepolisian tersebut karena satpol PP dan satgas Covid-19 tidak hadir di lokasi sejak awal. Sehingga, penonton yang datang bisa leluasa masuk ke arena pentas dan menimbulkan kerumunan.

Dalam aksi demo ini, pelaku seni jaranan juga melakukan atraksi debus dengan memakan satu piring paku bangunan. Atraksi tersebut memperlihatkan gambaran hidup para pelaku seni di tengah pandemi Covid-19. Mereka sulit mencari makan, karena berbagai kebijakan pembatasan sosial.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Para seniman jaranan ini akhirnya ditemui oleh Muspika Pesantren, pihak kelurahan, dan aparat keamanan. Mereka menggelar audiensi, yang menghasilkan sejumlah keputusan bersama.

Yaitu, pertama, pembubaran simulasi pertunjukan seni budaya (pagelaran jaranan) oleh Aliansi Kesenian Kediri yang telah menerapkan protokol kesehatan di Lapangan Kelurahan Ketami pada 3 Oktober lalu, disebabkan kurangnya koordinasi.

Kedua, agar simulasi berikutnya dilakukan koordinasi yang lebih matang sehingga kegiatan lebih tertata sesuai dengan konsep dan aturan yang disepakati bersama. Adapun waktu dan lokasi simulasi jaranan berikutnya, masih menunggu hasil koordinasi Pemkot Kediri dan pihak terkait.

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

Aksi demo tersebut dijaga ketat oleh aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP Kota Kediri. Petugas juga membagikan masker kepada pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU