Anjuran 10 Ribu Langkah Tiap Hari Kurangi Risiko Kematian Dini

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Jul 2021 10:01 WIB

Anjuran 10 Ribu Langkah Tiap Hari Kurangi Risiko Kematian Dini

i

Kegiatan berjalan hingga 1.000 langkah tingkatkan daya tahan tubuh. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Anjuran 10 ribu langkah per hari untuk kesehatan ini lebih didasari oleh sejarah daripada penelitian. Namun, saat ini para ahli menyatakan bahwa berjalan kaki hingga 10.000 langkah bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kebugaran.

Sebuah studi tahun 2019 yang dilakukan oleh Dr Lee dan rekan-rekannya menemukan, wanita berusia sekitar 70 tahun yang rutin berjalan kaki sedikitnya 4.400 langkah setiap harinya bisa mengurangi risiko terjadinya kematian dini hingga 40 persen, dibandingkan dengan wanita yang berjalan kaki sebanyak 2.700 langkah atau kurang per harinya.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Risiko kematian dini tersebut menurun pada wanita yang berjalan kaki lebih dari 5.000 langkah per hari, namun manfaatnya tidak akan ikut meningkat meski bisa mencapai 7.500 langkah setiap hari.

Artinya, wanita lansia yang berjalan kaki kurang dari setengah dari 10.000 langkah sehari, cenderung memiliki umur yang lebih panjang daripada mereka yang jarang berjalan kaki.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Banyak yang percaya bahwa jumlah langkah per hari itu penting. Semakin banyak jumlah langkah kaki, maka hasilnya untuk kesehatan makin bisa dirasakan.

Tim peneliti tidak tahu apakah manfaat yang sama juga akan dirasakan oleh pria atau orang yang lebih muda. Namun, dikatakan juga bahwa pada dasarnya aktivitas fisik akan mendatangkan manfaat baik untuk tiap orang.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Meski ada anjuran untuk jalan kaki 10.000 langkah, tetapi menurut studi terbaru jumlah tersebut tak terlalu diperlukan, karena kurang dari jumlah itu pun tetap bermanfaat bagi kesehatan.

Karenanya, perbanyak jalan kaki setiap hari agar manfaatnya bisa ikut Anda rasakan seperti menjaga kesehatan tubuh, menjaga berat badan ideal, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, serta mencegah osteoporosis dan osteoartritis. Dsy3

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU