Antusiasme Tinggi, BI Jatim Utamakan Penukar Uang dari Aplikasi Pintar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 31 Mar 2023 11:06 WIB

Antusiasme Tinggi, BI Jatim Utamakan Penukar Uang dari Aplikasi Pintar

i

Warga mengantre untuk menukarkan uang tunai. Foto: BI Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Jimur (Jatim) telah meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 2023.

Salah satunya melalui layanan penukaran uang tanpa turun dari kendaraan atau drive thru yang diadakan di halaman Kantor BI Jatim setiap Sabtu dan Minggu sejak tanggal 25 Maret hingga 16 April 2023.

Baca Juga: Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen

Besarnya animo masyarakat yang melakukan penukaran uang baru pecahan kecil tersebut, membuat BI Jatim memberi imbauan baru.

"Layanan ini telah dilaksanakan perdana pada 25 dan 26 Maret 2023 dengan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat. Kuota penukaran sebanyak 2.000 paket per hari terserap sepenuhnya pada layanan minggu pertama tersebut," kata Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto, Kamis (30/3/2023).

Hal ini dilakukan BI Jatim sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan (service level) penukaran uang agar masyarakat dapat menukar dengan nyaman, aman serta mendapat kepastian layanan.

Adapun imbauan yang diberikan adalah penukaran uang baru diprioritaskan untuk yang sudah melakukan pendaftaran atau pemesan lewat aplikasi Pintar dengan alamat https://pintar.bi.go.id.

"Berdasarkan evaluasi minggu pertama yang lalu, kami memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan drive thru penukaran uang pada periode 1-2 April 2023 dan minggu berikutnya sebagai berikut. Pertama, mengutamakan calon penukar layanan drive thru penukaran uang yang telah melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id,” terangnya.

Baca Juga: BI Sebut Dolar AS dan Emas, Aset Aman

Budi meyampaikan bahwa kuota yang disediakan untuk pemesanan lewat aplikasi PINTAR tersebut mencapai 75 persen dari total layanan yang disediakan per hari. BI Jatim pun menambah kuota penukaran hingga 25 persen, yakni menjadi 2.500 penukar per hari.

“Calon penukar di layanan drive thru yang telah mendaftar di aplikasi PINTAR ini disediakan kuota sebanyak 75 persen dari total kuota harian yang telah ditambah saat ini sebanyak 2.500 kuota per hari, sedangkan 25 persen lainnya juga tetap melayani penukar yang tidak mendaftar secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pemesanan melalui PINTAR dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggunya sepanjang kuota masih tersedia. Sebagai contoh, untuk layanan drive thru penukaran uang pada 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses sejak Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB. 

Ia menuturkan, penukar melalui aplikasi PINTAR dapat datang ke lokasi penukaran pada waktu yang sudah dipilih dengan membawa print out atau hasil tangkap layar bukti pemesanan disertai dengan KTP asli penukar.

Baca Juga: Heboh! Penerbitan Uang Kertas Pecahan Baru BI, Bernominal Rp 1.0

Kemudian, mengenai adanya penukar yang menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal tiga bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP asli penukar yang menitip.

Sementara bagi masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui aplikasi PINTAR, tetap akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas atau dapat mencoba memesan untuk periode minggu berikutnya.

Selain itu, layanan drive thru penukaran uang BI Jatim juga menerima penukaran baik secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS. Masyarakat juga dapat melakukan penukaran pada outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU