APBD 2023 Kota Pasuruan untuk Anggaran Pertanian dan Perikanan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Jan 2023 14:57 WIB

APBD 2023 Kota Pasuruan untuk Anggaran Pertanian dan Perikanan

i

Gedung kantor Wali Kota Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemerintah Kota Pasuruan tampaknya menomorduakan program di bidang perikanan dan pertanian. Hal itu tampak dari anggaran yang dikucurkan pada Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan yang sangat kecil karena dipangkas nyaris separuh dari tahun sebelumnya.

Dari informasi yang diterima media ini, anggaran tahun 2023 di Dinas Perikanan hanya sebesar Rp 5 miliar dengan rincian sekitar Rp 3,5 miliarnya untuk belanja pegawai.

Baca Juga: Hindari Pemotor di Jalan Pantura Rejoso, Pikap Muat Kabel Nyasar ke Lintasan KA

Sama halnya juga terjadi pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, anggaran di tahun ini juga berjumlah sama dengan Dinas Perikanan dan memangkas banyak rencana program bidang pertanian.

"Mungkin gara-gara untuk nambah payung madinah dan untuk event-event besar, makanya dipangkas sampai separuh dari anggaran tahun sebelumnya," kata sebuah sumber di internal Dinas Pertanian setempat, Kamis (26/1/2023).

Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Mualif Arif saat dikonfirmasi hanya menjawab singkat.

Baca Juga: Avanza Tabrak Truk, 3 Orang Tewas

"Iya anggarannya hanya segitu," ungkapnya.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan beberapa OPD lain seperti Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpor), Dinas Kominfo, dan Dinas Perindag, dan Bagian Kesra yang mengalami kenaikan atau tambahan anggaran mencapai 40% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jalur Mudik Kota Pasuruan Landai

Di bagian Kesra Kota Pasuruan, total anggaran 2023 sebesar Rp 14 miliar atau meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 4 miliar.

"Event MTQ nanti leading sector ada di kami. Tapi, tetap kolaborasi dengan OPD lainnya," terang Solehudin Kabag Kesra setempat. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU