Bakti Sosial Lentera Menebarkan Kebahagiaan di Masa Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Mei 2021 11:34 WIB

Bakti Sosial Lentera Menebarkan Kebahagiaan di Masa Pandemi

i

Penyaluran sembako kepada warga yang membutuhkan. SP

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Virus corona (COVID-19) secara resmi dinyatakan sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020 oleh WHO (World Health Organization). Kasus positif COVID-19 yang meningkat secara drastis tentu mempengaruhi ruang gerak masyarakat terutama para pekerja yang sehari-hari harus bertemu dan bertatap muka dengan banyak orang secara langsung.

Beberapa industri terkena dampaknya sehingga mereka lumpuh produksi dan bahkan banyak yang terpaksa merumahkan karyawannya karena kesulitan menjalankan bisnis di masa pandemi COVID-19. Tidak hanya dari sektor Industri, sektor jual beli barang dan jasa juga terdampak COVID-19 yang menyebabkan menurunnya penghasilan warga yang bekerja di sektor tersebut.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Menurut Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir, terdapat 2,56 juta orang kehilangan pekerjaan dan lebih dari 1,8 juta orang mengalami penurunan pendapatan selama masa pandemi COVID-19. Meningkatnya jumlah pengangguran secara otomatis akan meningkatkan angka kemiskinan di Indonesia.

Selain meningkatnya jumlah masyarakat yang kehilangan pekerjaan, di awal masa pandemi COVID-19 sempat timbul panic buying di kalangan masyarakat yang menyebabkan kelangkaan beberapa bahan makanan, bahkan harga bahan-bahan pokok dan kesehatan (seperti masker, hand sanitizer) menjadi melambung tinggi. Hal ini tentu saja membuat kualitas hidup masyarakat menurun karena masyarakat yang telah kehilangan pendapatan akan semakin kesulitan dalam membeli bahan-bahan pokok yang harusnya bisa mereka penuhi dan dijadikan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat bahwa perekonomian di Indonesia yang terhambat dan berdampak pada masyarakat kelas bawah, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang tergabung dalam kegiatan bakti sosial bernama LENTERA (Langkah Menuju Masyarakat Sejahtera) mengadakan kegiatan bakti sosial yang ditujukan kepada masyarakat untuk memberikan bantuan berupa uang maupun barang dari hasil donasi warga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dan masyarakat di luar Universitas Airlangga.

Langkah Menuju Masyarakat Sejahtera (LENTERA) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan yang dilakukan di dalam program kerja LENTERA adalah bakti sosial dengan cara terjun langsung kepada masyarakat dengan sasaran adalah masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-harinya.

Kegiatan LENTERA sendiri akan berlangsung sebanyak 3 kali, dengan acara puncak pada Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan pada bulan November. Selain itu, di dalam kegiatan bakti sosial LENTERA juga terdapat penyuluhan kesehatan serta permainan edukatif dan menghibur.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Kegiatan LENTERA diharapkan dapat membantu masyarakat dalam segi ekonomi mengingat roda ekonomi di Indonesia melambat semenjak adanya pandemi COVID-19 dan lebih waspada terhadap berbagai hal yang dapat menyebarkan virus corona, kesadaran warga terhadap kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.

Selain memberikan donasi, biasanya juga dilakukan edukasi terkait masalah kesehatan. Bakti sosial LENTERA tahun lalu membuka pendaftaran volunteer untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga sehingga mahasiswa dapat merasakan kesempatan untuk ikut melakukan kegiatan bakti sosial dan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

Namun, mengingat adanya pandemi COVID-19, kegiatan bakti sosial LENTERA 2021 dilakukan tanpa menggunakan volunteer dan tanpa melakukan serangkaian acara seperti penyuluhan dan permainan edukasi. Penyaluran donasi berupa sembako diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang kami temui di pinggir jalan sekitar Kampus C, Kampus B, Kampus A, dan sekitarnya, sehingga tidak menimbulkan adanya keramaian dan kerumunan. Tentunya kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran dari pemerintah.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Bakti sosial LENTERA I telah berjalan dengan lancar yang dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Maret 2021. Mengingat pandemi COVID-19, untuk meminimalisir kerumunan, peserta yang hadir dalam bakti sosial LENTERA adalah tujuh anggota Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang berdomisili Surabaya.

Dengan adanya bakti sosial LENTERA ini para warga mendapatkan edukasi, arahan dan pengetahuan mengenai physical distancing, penggunaan masker, cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta penerapan 5M dan harapannya para warga dapat termotivasi untuk menjalani hidup lebih bersih dan sehat, dapat menggunakan waktu mereka selama pandemi COVID-19 untuk lebih produktif, dan dari segi ekonomi diharapkan bantuan yang diberikan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat yang mendapat bantuan.

Kegiatan ini tentunya dapat menumbuhkan kepedulian sosial mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, selain itu mahasiswa juga dapat menyalurkan bantuan donasi dari warga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dan masyarakat di luar Universitas Airlangga kepada masyarakat yang membutuhkan. ril

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU