Banyuwangi Canangkan Tanam 1000 Pohon Antisipasi Bencana Alam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Mar 2021 10:37 WIB

Banyuwangi Canangkan Tanam 1000 Pohon Antisipasi Bencana Alam

i

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah dan Kapolresta Kombes Arman Asmara Syarifudin tanam pohon di lereng. SP/ Forkopimda Banyuwangi

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Banyuwangi menggelar dan mencanangkan penanaman 1000 pohon sebagai upaya antisipasi banjir dan tanah longsor, Acara digelar di Desa Kluncing Kecamatan Licin, Banyuwangi. Kegiatan tersebut di lakukan secara bertahap di musim hujan dan secara simbolis, sebanyak 50 pohon berbagai jenis ditanam di lereng Gunung Ijen.

“Ini sebagai bentuk Implementasi Transformasi Menuju Polri yang PRESISI. Kegiatan ini wujud kepedulian dan Komitmen bersama dalam kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan. Kita bergerak bersama masyarakat melakukan penanggulangan bencana salah satunya melalui penghijauan penanaman pohon,” ujar Kapolresta Kombes Arman Asmara Syarifudin, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: 5.000 Properti di Rusia Terendam Banjir

Selain itu, dipilihnya wilayah lereng Gunung Ijen, Kecamatan Licin karena wilayah itu rawan bencana longsor. Selain itu, wilayah itu merupakan wilayah hulu, sehingga menjadi penyebab terjadinya banjir di wilayah kota Banyuwangi.

“Karena memang kondisi disekitar Gunung Ijen gundul karena kebakaran beberapa tahun lalu. Rencananya kita akan mengundang beberapa stakeholder terkait untuk menggalakkan penghijauan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengatakan program penanaman pohon sebagai bentuk ibadah dan menjaga kelestarian alam.

Baca Juga: 4 Titik yang Tertimbun Longsor di Trenggalek Dibuka

"Ini sebuah ibadah menanam pohon untuk anak cucu kita agar sumber mata air dan kelangsungan hidup manusia serta alam terpenuhi," ujarnya.

"Kami sangat mendukung program ini. Dinas Lingkungan Hidup akan kami minta terus memantau dan mengevaluasi lahan-lahan hijau khususnya di wilayah dengan kemiringan tertentu. Tata ruang akan kami perhatikan khususnya di kawasan dataran tinggi agar tidak menimbulkan dampak lingkungan yang kurang baik," imbuhnya.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Halalbihalal Bersama Penyandang Disabilitas

Sementara terkait dengan bencana banjir di beberapa lokasi, pihaknya saat ini telah memberikan instruksi kepada dinas terkait untuk memperbaiki saluran air di wilayah perkotaan.

"Kita sudah instruksikan untuk pembenahan. Karena banjir di Banyuwangi itu tidak lama. Hanya beberapa saat. Sehingga pembenahan saluran air perlu segera dilakukan," pungkasnya. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU