Bapanas Minta Bulog Jual Beras Medium ke Ritel Modern

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Jan 2023 10:07 WIB

Bapanas Minta Bulog Jual Beras Medium ke Ritel Modern

i

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi. Foto: Bapanas.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menginginkan Perum Bulog untuk menjual beras medium atau beras Bulog ke toko ritel modern. Hal tersebut guna memperluas penyaluran beras medium dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, perintah tersebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan pelaksanaan SPHP lantaran harga beras di tingkat konsumen masih tinggi.

Baca Juga: Penyerapan Beras dalam Negeri Belum Optimal, Bulog: Kita Sangat Andalkan Impor

"Perluasan dan peningkatan penyaluran SPHP melalui pasar ritel ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden agar kita mewaspadai kenaikan harga beras dengan melakukan langkah-langkah stabilisasi secara masif," kata Arief, Minggu (29/1/2023).

Arief berharap, hilirisasi beras SPHP ke pasar ritel ini dapat mendorong keterjangkauan beras medium Bulog di masyarakat. Dengan begitu, beras Bulog tidak hanya bisa didapatkan di Kanwil Bulog atau pasar-pasar tradisional, tetapi juga di warung sekitar pemukiman warga, toko-toko Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog, dan retail modern baik secara daring maupun luring.

"Kami perluas distribusinya dengan menyasar dan memperbanyak toko-toko retail yang ada di sekitar masyarakat. Hal ini untuk memastikan keterjangkauan dan aksesibilitas masyarakat terhadap produk beras Bulog yang kita jual dengan harga terjangkau," ujarnya.

Menurut Arief, tugas itu tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 01/KS.02.02/K/1/2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Dalam aturan tersebut, Bulog dapat melaksanakan SPHP melalui operasi pasar secara langsung di tingkat eceran atau melalui distributor dan mitra yang ada di pasar tradisional atau modern.

“Poinnya, yang terpenting membuka keterjangkauan dan harga penjualan sampai ke tingkat konsumen harus sesuai dengan harga eceran yang telah ditetapkan. Selain itu, sebagai jaminan atas mutu, beras yang dijual harus mencantumkan informasi harga, kelas mutu, dan berat bersih,” tuturnya.

Adapun pendistribusian telah dilakukan melalui toko dan gerai ritel setempat, seperti di Provinsi Sulawesi Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Yogyakarta, dan Jambi.

Baca Juga: Penuhi Pasokan CBP, 27 Ribu Ton Beras Impor Vietnam Siap Didistribusikan

Lebih lanjut, ia menambahkan, pelaksanaan SPHP ini akan terus dilakukan setiap hari dengan lebih masif di seluruh Indonesia. Bulog telah merealisasikan penyaluran SPHP sebanyak 161.000 ton sampai dengan 28 Januari ini.

"Bulog di seluruh daerah kami minta melakukan operasi pasar beras SPHP ini setiap hari sampai dengan panen raya di Februati-Maret ini. Sebagai komoditas pokok penting yang dikonsumsi mayoritas warga, stabilitas stok dan harga beras adalah prioritas," ucapnya.

Jumlah tersebut meningkat 143% dibandingkan dengan penyaluran beras untuk stabilisasi stok dan harga di bulan Januari tahun 2022 yang tercatat sebanyak 66.000 ton.

Sebagaimana diketahui, Bulog mendapatkan penugasan dari Bapanas untuk melakukan penyerapan pada 2023 sebanyak 2,4 juta ton. Sementara peruntukan untuk stabilisasi sebanyak 1,2 juta ton. Sehingga ditargetkan di akhir tahun stok Bulog sekitar 1 juta ton.

Baca Juga: Bapanas Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman hingga Lebaran

Arief menilai, program SPHP ini penting untuk menjaga stabilisasi harga beras, dan juga bertujuan untuk pengendalian inflasi

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan bahwa SPHP atau dikenal operasi pasar terus berjalan. Stok CBP di gudang Bulog saat ini 683 ribu ton, jumlah tersebut termasuk beras impor. Menurutnya, jumlah tersebut cukup untuk kebutuhan penyaluran sampai dengan panen raya.

“Jumlah ini cukup untuk kebutuhan penyaluran sampai dengan panen raya,” tandasnya.

Ia menyebut, Bulog akan terus aktif memaksimalkan penyerapan pada saat panen raya mendatang agar stok CBP pada tahun ini bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri sendiri. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU