Bapenda Jatim Raih Top Kovablik 2022 Lewat Inovasi Samsat Bunda

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Des 2022 19:52 WIB

Bapenda Jatim Raih Top Kovablik 2022 Lewat Inovasi Samsat Bunda

i

Penyerahan Penghargaan Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur Tahun 2022 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Madiun.


MADIUN - Inovasi Samsat Badan Usaha Milik Desa atau yang akrab disebut dengan ‘Samsat Bunda’ berhasil mendapatkan Penghargaan Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur Tahun 2022. Penghargaan tersebut secara khusus diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Alun-Alun Kireksogati Caruban Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/12/2022).

Gubernur Khofifah secara khusus menyampaikan bahwa inovasi ini sengaja digagas sebagai solusi mendekatkan layanan pembayaran pajak di wilayah pedesaan khususnya saat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

"Kami secara khusus mengapresiasi inovasi Samsat Bunda. Karena inovasi ini adalah bentuk pendekatan Citizen’s Charter melalui BUMDes untuk melayani dan membantu pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di wilayah pedesaan. Dimulai sejak Januari 2021, Samsat Bunda ini memberdayakan masyarakat desa melalui BUMDes sebagai afiliator pelayanan Samsat," tegas Gubernur Khofifah.

Tidak hanya itu, ia berterima kasih pada Bapenda Jatim sebab dengan inovasi Samsat Bunda ini berhasil membantu mengurangi tunggakan PKB dan meningkatkan pembayaran pajak masyarakat desa sehingga meningkatkan pendapatan daerah.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah mengatakan bahwa keberadaan Samsat Bunda juga berhasil membantu penyediaan dana pembayaran PKB melalui mekanisme pinjaman atau pembelian hasil tani/ternak serta membantu pelaksanaan sosialisasi terkait pelayanan Samsat.

Selama ini Samsat Bunda diimplementasikan melalui sinergi Pentahelix antara Pemerintah Akademisi, Masyarakat Desa, Dunia Usaha dan Media yang menghasilkan sistem pembayaran secara Host to Host Terkait Data Billing System pada jaringan dan layanan elektronik lembaga keuangan.

Sistem pembayaran tersebut, ditegaskan Gubernur Khofifah, terbukti efektif untuk mewujudkan akses pelayanan digital yang terjangkau, mudah, setara dan merata bagi masyarakat untuk Optimis Jawa Timur Bangkit dalam meningkatkan Pendaptan Asli Daerah dan Perekonomian Desa.

"Pada akhir Juni 2022, pelayanan Samsat Bunda telah berdiri di 2.045 titik. Inovasi ini selain mendekatkan layanan ke masyarakat, juga terbukti mampu memangkas biaya-biaya operasional mulai sewa tempat hingga biaya pegawai," tegas Gubernur Khofifah.

"Dan yang terpenting, dari pelayanan Samsat Bunda ini, telah membantu mengurangi adanya potensi tunggakan PKB di wilayah pedesaan sebesar Rp 58,8 dari 201.381 obyek di tahun 2021 dan Rp 41,8 miliar dari 131.970 obyek di tahun 2022 (sampai bulan Juni)," lanjutnya.

Lebih lanjut ia optimis bahwa layanan Samsat Bunda akan terus dikembangkan. Terutama untuk meningkatkan akses layanan masyarakat, sebab melalui Samsat Bunda, banyak mendatangkan manfaat bagi wajib pajak.

Pertama yaitu menghindari indikasi calo dan pungli, tidak harus membayar pajak ke Samsat kota, dan bahkan bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan pembayaran PKB secara kredit.

Dan bagi BUMDes, mereka juga mendapatkan manfaat. Yaitu menerima profit sharing maksimal sebesar 4.000,00 per transaksi dan BUMDes mendapatkan modal dana sebesar Rp 805.524.000,00 (2021) dan Rp 527.880.000 (2022 s.d Juni) yang dikelola untuk mengembangkan sumber pendanaan lainnya, seperti simpan pinjam, warung, pertanian, peternakan, dan lainnya.

"Kita akan kembangkan terus layanannya karena Samsat Bunda. Semoga Samsat Bunda bisa terus diperluas. Dan pesan saya, terus berinovasi, kembangkan karakter Inisiatif Kolaborasi dan Inovasi atau IKI agar bisa maksimal menjawab masalah yang terjadi di masyarakat dan mendongkrak kemajuan Jawa Timur," pesan Gubernur Khofifah. rko/adv

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU