Bengkel Meledak, 3 Mobil Mewah Gosong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Okt 2022 20:59 WIB

Bengkel Meledak, 3 Mobil Mewah Gosong

i

Bengkel di Barata Jaya No. 135 Surabaya, terbakar. Mengakibatkan 3 mobil mewah hangus terbakat tak tersisa

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebuah bengkel reparasi mobil di jalan Barata Jaya No 135 Surabaya mengalami kebakaran hebat pada Kamis (6/10/2022) siang sekitar pukul 14.30 WIB. Selain membakar gedung api juga menghanguskan 3 mobil mewah.

Tiga mobil mewah yang terbakar itu diantaraya 2 mobil Lexus dan 1 mobil Alphard.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Zidan salah satu saksi yang mengetahui awal kejadian dan melaporkan ke 112 Command Center Surabaya, mengaku mendengar suara ledakan berkali-kali dari dalam bengkel.

Menurut Zidan, sekitar pukul 14.30 WIB setelah terdengar suara ledakan, api dengan cepat membesar disertai kepulan asap hitam membumbung tinggi. “Tadi saya ngopi di warung depan bengkel situ. Suara ledakan berkali-kali saya kira petir, tapi ternyata oksigen buat cat dan las itu meledak,” kata Zidan.

Salah satu pegawai bernama Kusen menceritakan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Api muncul dari ruang oven cat mobil. "Tiba-tiba muncul api dari oven itu. Iya, ruang oven pengecatan mobil, lalu merembet," katanya

Kusen juga menyebutkan bahwa akibat kebakaran itu, ada seorang pegawai yang menjadi korban luka. Pegawai itu mengalami luka bakar di tangan.

Marselo, pemilik bengkel UD Maju mengaku, tidak ada mekanik di dalam bengkel saat kebakaran terjadi. Ia sempat berupaya mengeluarkan mobil namun gagal. “Saya tadi mau ngeluarin mobil tapi kejatuhan atap. Akhirnya tidak jadi. Tiga mobil hangus terbakar itu,” jelas Marselo.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Petugas PMK yang tiba di lokasi berhasil memadamkan api sekitar pukul 15.10 WIB, dilanjutkan dengan proses pembasahan yang selesai pukul 15.30 WIB.

Sementara Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) mengatakan, laporan kebakaran pada petugas baru masuk pukul 14.32 WIB. Lima menit kemudian petugas yang tiba di lokasi langsung melakukan pemadaman api yang sudah membesar. “Api dinyatakan padam 14.55 WIB,” kata Dedik pada awak media usai kejadian.

Dedik menambahkan, berdasarkan keterangan pemilik dan pegawai bengkel, mereka sempat berupaya melakukan pemadaman mandiri menggunakan sebanyak 7 apar (Alat Pemadam Api Ringan). Namun upaya ini tidak membuahkan hasil hingga akhirnya tiga mobil yang akan di cat oven terbakar habis.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

“Jadi kejadian ini saat karyawan istirahat jam 13.00-14.00 WIB. Kita datang apinya sudah besar sekali. Kebakaran terjadi di mesin oven catnya. Tiga mobil yang terbakar itu, yang satu lagi di-oven, duanya antre,” ujar Dedik.

“Mereka sudah ada upaya pemadaman sendiri, karena pas kita datang ada 7 apar yang sudah dipakai tapi tidak bisa, api tetap besar,” tambahnya.

Kemudian mengenai penyebab pasti kebakaran, Kompol Sodik Efendi Kapolsek Gubeng mengatakan masih menunggu hasil labfor. “Nanti labfor yang tahu,” katanya saat ditemui di lokasi. dan/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU