Berikan Rasa Aman dan Nyaman bagi Pemudik, Polres Blitar Kota Dirikan 6 Pos Pam, Pos Terpadu dan Pos Kesehatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Apr 2022 16:18 WIB

Berikan Rasa Aman dan Nyaman bagi Pemudik, Polres Blitar Kota Dirikan 6 Pos Pam, Pos Terpadu dan Pos Kesehatan

i

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di depan Mapolres Blitar Kota,  Jumat (22/4) pagi. SP/Hadi Lesatriono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Dalam sambut lebaran 1443 H, Polres Blitar Kota gelar Pasukan dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2022 yang di gelar depan Mapolres Blitar Kota Jalan Jendral Sudirman pada Jumat (22/4) pukul 08.30 WIB. 

Gelar pasukan dipimpin Wali Kota Blitar Drs H Santoso S.Pd.M.Pd diikuti ratusan personil keamanan dari unsur TNI/Polri,  Dishub dan Satpol PP Pemkot Blitar tak ketinggalan peleton peleton dari elemen Ormas seperti Orari, Senkom dan team Covid-19 dan Dinas Kesehatan Pemkot Blitar.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Fenomena Tilang Elektronik Alami Peningkatan 15,9%

 

Sebelum acara puncak Operasi Ketupat Semeru 2022 dengan penyematan pita pada 3 perwakilan petugas keamanan,  Santoso membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, yang intinya memfokuskan memberi rasa aman dan nyaman para pemudik, sehingga situasi Lebaran 1443 H di seluruh Indonesia sitùasi Kamtibmas lancar dan aman dan kondusif, juga tetap menjàga kesehatan dan waspada penyebaran covid-19.

Usainya menyematkan pita kepada ke 3 perwakilan petugas keamanan yang terdiri dari CPM, Polisi Lalu Lintas dan Dishub, mantan Wakil Wali kota Blitar ini berharap dalam pelaksanaan pemudik dapat aman, nyaman bagi pemudik, termasuk keamanan bagi warga masyarakat Kota Blitar khususnya.

Sementara Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono kepada wartawan, menjelaskan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 pihaknya mendirikan 6 Pos Pam, terdiri pospam terpadu dan 1 pos pelayanan termasuk pos kesehatan.

Kapolres Blitar Kota yang ramah ini menambahkan bahwa kegiatan gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 guna menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah tengah masyarakat pada saat momen masyarakat merayakan lebaran tahun ini (202).

Baca Juga: Posko Siaga Bencana Lebaran Ditutup, BPBD Jatim Catat 14 Banjir, 6 Longsor, dan 5 Angin Kencang

"Operasi ini adalah operasi terpusat dengan bentuk operasi kemanusiaan selain memberikan pelayanan masyarakat yang aman dan nyaman selama Lebaran 2022, jadi kita terjunkan  pengamanan ada 468 personil pengamanan, apalagi sudah 2 tahun saudara saudara kita tidak mudik," kata AKBP Argowiyono pada wartawan.

Masih menurut AKBP Argo, dalam  kegiatan pengamanan kali ini menerjunkan ratusan pengaman dari unsur TNI/Polri, TNI (Kodim 0808 dan Yonif 511 dan CPM) termasuk Dishub/Satpol PP Kota Blitar Dinkes Kota Blitar juga unsur lainya.

"Kita menerjunkan 468 pasukan baik dari TNI dan Polres Blitar Kota sekitar 368 personil,” ujarnya.

 

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

“Kita mulai hari ini kita sudah start untuk lakukan pengamanan, untuk kendaraan sebagai sarana petugas baik roda dua maupun roda empat ada sekitar 150 kendaraan termasuk kendaraan bersifat kesehatan selain ambulance, yang jelas kita memberikan pelayanan yang memadai dari tingkat keamanan sampai pelayanan termasuk pelayanan kesehatan masyarakat dalam merayakan lebaran, dan Operasi Ketupat Semeru ini mulai hari ini Jumat 22 April sampai tanggal 9 Mei," papar AKBP Argowiyono.

Untuk lokasi Pos pengamanan dimulai dari pintu masuk dari perbatasan wilayah barat yaitu Kediri-Blitar, dan dari arah Malang.

"Juga pengawasan dan patroli di kawasan tempat-tempat wisata yang di mungkinkan ramai nanti kita akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mendirikan Pos tambahan," pungkas AKBP Argowiyono berdampingan dengan Wali kota Blitar, Komandan Yonif 511 dan Kasdim 0808 Blitar. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU