Biaya Perawatan Korban KMP Yunicee Digratiskan Pemkab Banyuwangi

Sejumlah korban KMP Yunicee dievakuasi di Pelabuhan Ketapang.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi memfasilitasi penanganan korban KMP Yunicee yang tenggelam pada Selasa (29/6) malam. Dalam kejadian tersebut, 36 orang berhasil selmaat dan dievakuasi ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan 7 orang diantaranya dirujuk ke RSUD Blambangan untuk mendapat penanganan secara intensif.

"Jadi semalam begitu ada kabar itu, kami ditelepon Bu Ipuk (Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani) untuk segera cek ke lokasi dan bantu apa yang dibutuhkan. Sebanyak 7 orang yang dirujuk di RSUD Blambangan, dan dinihari tadi sudah diperbolehkan pulang dan dijemput keluarga, setelah mendapat perawatan. Seluruh korban di RSUD Blambangan dibebaskan dari biaya, baik warga Banyuwangi maupun luar daerah," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Dwi Yanto, Rabu (30/6/2021).

Wakil Bupati Sugirah mengatakan, Pemkab Banyuwangi turut berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu proses evakuasi. "Kami telah koordinasi dengan Polresta Banyuwangi, korban selamat di Pelabuhan Ketapang sudah boleh pulang. Ada juga yang masih harus dirawat di RSUD Blambangan tapi dinihari tadi juga sudah boleh pulang," ujarnya.

Sugirah juga telah berkoordinasi dengan pihak asuransi, untuk memastikan kendaraan milik korban KMP Yunicee mendapatkan haknya. “Kami juga telah bertemu dan koordinasi dengan pihak asuransi. Mereka juga dipertemukan dengan pihak pemilik kendaraan dan segera dilakukan pendataan terkait klaim kendaraan yang tenggelam untuk dicairkan sesuai ketentua,” kata Sugirah.