Bisnis Tanaman Hias yang Meroket di Tengah Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 15 Agu 2021 10:05 WIB

Bisnis Tanaman Hias yang Meroket di Tengah Pandemi

i

Ike Nursila Puspitasari saat merawat tanaman budidayanya. SP/ TLG

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Musim pandemi dan PPKM Darurat membuat semua masyarakat harus berdiam diri di rumah. Namun kebanyakan memanfaatkan hobinya agar tidak bosan, salah satunya tanaman hias jenis philodendron gloriosum kian populer dan jadi buruan karena memiliki daun berbentuk hati dan dapat menciptakan suasana rumah lebih asri dan sejuk.

Salah satu pembudidaya tanaman tersebut adalah Ike Nursila Puspitasari yang memilih budidaya  philodendron gloriosum karena bentuk daunnya unik. Dedaunan beludru hijau berbentuk hati dengan urat putih terlihat mencolok yang begitu hidup.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

Selain itu, tanaman ini sangat cocok bagi yang ingin hunian tampak lebih asri. Karakteristik daun berwarna hijau menantang, memberikan kesan menyegarkan ruangan sehingga tampak lebih sejuk. "Tanaman hias ini banyak dicari karena perawatannya mudah," ucapnya.

Tanaman tersebut dapat diletakkan di indoor atau outdoor. Disarankan diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan banyak sinar matahari terang, tapi tidak langsung. Misalnya diletakkan dekat jendela atau di mana pun yang bisa membuat tanaman ini dapat menikmati matahari tanpa terkena terlalu banyak cahaya. Sebab, terpaan sinar matahari langsung dapat membuat daunnya gosong terbakar.

Selain itu, philodendron ini juga tak masalah di ruangan sedikit lembap. Sangat disarankan untuk rutin menyiramnya setiap hari apabila diletakkan di-outdoor. Sedangkan di-indoor, bisa dilakukan penyiraman 4 hari sekali.

Baca Juga: Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Korban Tertimpa Pohon Tumbang

"Media tanam pun sangat berpengaruh untuk pertumbuhannya. Namun sebaiknya menggunakan media tanam porous. Itu untuk mencegah bonggol busuk," tuturnya.

Agar daun ini cepat tambah, wanita berusia 25 tahun ini mengatakan, bisa mengoptimalkan pertumbuhan tanaman hias itu dengan memberikan pupuk daun rutin dua minggu sekali. "Cahaya, pupuk, suhu, dan penyiraman memang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman kita," tandasnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Tulungagung Enggan Melaut

Sementara itu, salah satu pecinta tanaman hias, Masruroh mengatakan, tanaman hias daun jenis philodendron gloriosum ini disukainya karena bentuk daunnya yang unik dan urat daun yang terlihat begitu hidup. Jadi memberikan kesan rumah asri dan sejuk.

"Memperbanyaknya juga mudah. Dengan memotong bagian yang dipilih, menyisakan setidaknya tiga daun yang sehat pada tanaman induk," jelasnya. Dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU