BPBD Ponorogo Himbau Waspada Cuaca Ekstrem

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Okt 2022 19:37 WIB

BPBD Ponorogo Himbau Waspada Cuaca Ekstrem

SURABAYA PAGI, Ponorogo - BPBD Ponorogo terus bersiap menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan BMKG terjadi hingga 23 Oktober 2022. Petugas dan relawan disiagakan di sejumlah titik banjir dan longsor.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

"Pasca kemarin kejadian banjir dan longsor, ada 56 rumah dan 6 jalan yang kena longsor," tutur Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo Henry Indrawardhana, Rabu (19/10/2022).

Henry mengatakan, tim BPBD bersama petugas gabungan TNI, Polri dan warga setempat melakukan pembersihan material longsor dari jalanan dengan menggunakan alat berat.

"Untuk bantuan ke warga, kita koordinasi dengan dinsos untuk bantuan logistik," imbuh Henry.

Ancaman bencana di Ponorogo, lanjut Henry, yakni banjir dan longsor. Longsor di areal pegunungan seperti Pudak, Sooko, Pulung, Ngrayun serta Sawoo.

"Banjir itu Kecamatan Jetis, Siman, Sambit, Jabung, Ponorogo, Mlarak, yang rawan saat hujan deras," papar Henry.

Henry pun mengimbau untuk warga Ponorogo agar tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, saat debit air meningkat, biasanya sungai meluap karena aliran tersumbat sampah.

"Termasuk warga yang di dataran tinggi, saat memotong bambu jangan membuang ke sungai, karena bisa menyumbat aliran sungai," tambah Henry.

Sedangkan di areal rawan longsor, Henry mengimbau warga agar segera mengungsi jika terjadi hujan deras dalam jangka waktu lama. Karena, dikhawatirkan terjadi longsor dadakan.

"Kalau hujan deras, warga di daerah rawan longsor harus segera mengungsi, ke rumah tetangga atau saudara supaya lebih aman," pungkas Henry.

Baca Juga: Terminal Seloaji Kembali Normal Pasca Arus Mudik Lebaran

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU