Bus Rombongan Wisata Masuk Jurang, 7 Tewas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Des 2022 19:35 WIB

Bus Rombongan Wisata Masuk Jurang, 7 Tewas

SURABAYAPAGI.COM, Magetan - Bus pariwisata terjun ke jurang sedalam 10 meter di jalur Sarangan-Tawangmangu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Minggu (4/12/2022). Bus mengangkut rombongan wisatawan dari Semarang saat insiden terjadi.

Tujuh orang dilaporkan tewas. Sementara 46 orang alami luka-luka. Jasad ketujuh korban dievakuasi ke RSUD dr Sayidiman Magetan. Sedangkan untuk korban luka-luka disebar ke tiga puskesmas dan klinik.

Baca Juga: Hindari Pemotor di Jalan Pantura Rejoso, Pikap Muat Kabel Nyasar ke Lintasan KA

Salah seorang penumpang selamat dari bus maut yang terjun ke jurang di pinggir Jalan Tembus Sarangan-Tawangmangu, Jawa Timur menceritakan detik-detik sebelum bus mengalami kecelakaan.

Adalah ARW (17) menceritakan jika dirinya dan penumpang lain adalah rombongan RT 5 RW 02 Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka berangkat dari Semarang sekitar pukul 07.00 WIB. Ia duduk di bangku nomor dua di belakang sopir. Bus tak ada masalah sebelumnya saat berangkat dari Semarang.

Namun, mulai ada kendala sejak bus memasuki kawasan Jalan tembus. Bus sempat menyerempet mobil dan hampir menabrak rombongan pengendara roda dua yang berhenti di bahu jalan. Sampai akhirnya, sebelum bus masuk jurang sopir bus sempat berteriak kalau rem bus tersebut tidak berfungsi alias rem blong.

Baca Juga: Terlalu Mahal, Aset Pemkab Magetan Enggan Dilirik Peminat

“Sebelum masuk jurang itu, sopirmya berteriak rem blong begitu. Tak lama kemudian, sempat menghindari pemotor di depan dan kendaraan dari arah berlawanan. Tapi akhirnya bus kami masuk ke jurang,” kata ARW saat ditemui di Puskesmas Plaosan, Minggu (4/12/2022).

Saat ini, Pemkab Magetan bersama Polres Magetan membuka pos komando di RSUD dr Sayidiman Magetan. Saat ini rombongan bus yang lain sudah menyusul ke RSUD dr Sayidiman.

Diketahui, bus tersebut mengangkut 52 orang, 50 orang penumpang dan sisanya kru. Tujuh korban meninggal termasuk pengemudi. Kerugian materiil sekitar Rp50 juta.

Baca Juga: Avanza Tabrak Truk, 3 Orang Tewas

Sebelumnya diberitakan jika, sebuah bus pariwisata mengangkut puluhan orang terjun ke jurang di pinggir jalan Raya Sarangan-Tawangmangu atau jalan tembus Cemoro Sewu-Sarangan tepatnya di atas Wisata Lawu Green Forest (LGF) Kelurahan Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022) pukul 11.00 WIB. Bus bernopol H 1470 AG itu terjun ke jurang sedalam 30 meter usai menghantam guardrail atau pembatas jalan hingga rusak.

Salah seorang saksi mata dan pengguna jalan Suwoto melihat bus tersebut melaju dari arah Tawangmangu menuju arah Sarangan dengan kecepatan tinggi. Dia sudah tak mendengar lagi raungan mesin bus dan tiba-tiba bus itu langsung tak melaju di jalan dan kemudian menghantam guardrail hingga rusak dan masuk jurang.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU