Bus Trans Jatim Akan Diresmikan, 14 Halte di Sidoarjo Siap Beroperasi

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan meresmikan bus Trans Jatim dalam waktu dekat. Transportasi Bus Rapit Transit ini rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Terminal Porong Sidoarjo, pada tanggal 19 Agustus 2022 mendatang. Tranportasi ini akan melewati wilayah aglomerasi. Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Beny Airlangga selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, mengatakan koridor I Bus Trans Jatim akan melayani tiga kota berangkat dari Porong Sidoarjo, lalu Surabaya transit ke Terminal Purabaya, baru melanjutkan ke Gresik dengan melewati jalan tol.

 "Berangkat dari Porong melewati Kota Sidoarjo masuk jalan tol. Kemudian ke Terminal Purabaya, kembali lagi masuk jalan tol arah Gresik," kata Beny, Sabtu (13/8/2022).

 Beny juga menjelaskan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo telah melakukan perbaikan 14 halte dimana 8 halte milik Pemkab Sidoarjo dan 6 halte milik Pemprov Jatim.Halte-halte tersebut berada di jalan yang nantinya akan dilewati bus trans Sidoarjo.

 "Perbaikan semua halte dan terminal bus yang ada di Porong sudah siap dipakai. Ada 8 halte dari arah Porong ke Gresik, kemudian arah sebaliknya ada 6 halte," tutur Beny.

 Beny menambahkan rute perjalanan bus Trans Jatim berangkat dari Terminal Porong menuju Jalan Raya Porong lama, Jalan Raya Tanggulangin, Candi, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawan. Lalu masuk jalan tol. Sementara itu dari arah sebaliknya, melewati jalan yang sama.

 "Untuk jarak tempuh dari Terminal Porong menuju Terminal Purabaya, lalu dilanjutkan ke Gresik sekitar 72 kilometer, ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam,” tambahnya.

 Tarif yang dipatok untuk menaiki bus Trans Jatim ini juga cukup terjangkau. Penumpang khusus pelajar dan santri dikenakan tarif Rp 2.500. Sedangkan untuk penumpang umum dikenai ongkos Rp 5.000.

 Masyarakat juga dapat mengakses aplikasi Trans Jatim untuk mengetahui jadwal operasi bus Trans Jatim.

 "Untuk jadwal Bus Trans Jatim bisa dilihat di aplikasi Trans Jatim-Ajaib. Masyarakat dengan mudah mengakses aplikasi itu," kata Beny.

 Benny berharap masyarakat Sidoarjo yang akan bekerja di Surabaya atau Gresik bisa memanfaatkan transportasi Bus Trans Jatim tersebut untuk meminimalisir kemacetan.

 "Dengan adanya angkutan Bus Trans Jatim ini bisa meminimalisir kemacetan di jalan protokol di Sidoarjo," tutup Beny. sdj