Dalam Semalam, 2 Lembu Milik Warga Raib

Petugas saat melakukan olah TKP di tempat kejadian. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pelaku pencuri dua ekor lembu ini sangat sangat nekat, hanya butuh waktu semalam berhasil membawa kabur dua ekor lembu betina seharga puluhan juta rupiah, milik warga Desa /Kec.Selorejo Kab.Blitar.

Hilangnya dua ekor lembu betina berjenis Semintal dan Limosin itu setelah Edi Purnomo (pemilik lembu) pada Kamis (26/11) pada pukul 06.00 akan memberi makan lembu lembu itu. Mengetahui dua ekor lembunya hilang Edi memberitahukan pada tetangga dekatnya, dan 4 saksi tersebut melihat jejak jejak telapak kaki lembu menuju arah timur dari rumah korban, sedang kandang lembu berada di depan rumah korban berjarak 30 meter.

Peristiwa hilangnya dua ekor lembu tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Selorejo AKP Edi Sumartono melalui Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi.

Menurut AKP Imam Subechi, pemilik lembu (Edi Purnomo) baru mengetahui saat akan memberi makan lembu lembunya, yang terletak depan rumahnya, setelah mengetahui dua ekor lembunya hilang, korban menghubungi tetangga dekatnya, dan akhirnya melapor ke Polsek Selorejo.

"Memang dua ekor lembu milik korban terletak dalam kandang yang berada di depan rumahnya yang berjarak sekitar 30 meter, setelah tau dua ekor lembunya hilang memberitaukan tetangganya, setelah diikuti jejak lembu oleh korban dan para saksi jejak telapak kaki lembu itu mengarah ke timur dari rumahnya sekitar 300 meter dari TKP, di sana ada juga ada jejak ban mobil yang diduga mobil kawanan pelaku, untuk mengangkut hasil curian dua ekor lembu," kata AKP Imam Subechi se ijin Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK.

Dalam olah TKP oleh Polsek Selorejo bersama Unit Opsnal Reskrim Polres Blitar dan tim Inafis, diketahui para pelaku merusak pintu pagar kandang belakang yang terbuat dari bilah bilah bambu, setelah berhasil masuk pelaku membawa dua ekor lembu lewat semula.

"Setelah  masuk pelaku mengambil 2 (dua) ekor sapi dituntun ke arah timur menyusuri pekarangan yang kondisinya naik turun sampai jarak 300 meter terlihat jejak kaki kaki lembu, di sana sudah rupanya sudah menunggu kendaraan roda 4 ( ada bekas roda ban ) kemungkinan lembu lembu itu di naikan ke kendaraan." tambah mantan Kapolsek Lotim ini. 

Sementara kondisi kandang sapi tidak ada lampu penerangan dan di sebelah timur rumah korban ada pekarangan luas sehingga memudahkan pelaku melakukan aksinya.

Atas hilangnya dua ekor lembu babon Betina yang berjenis Simental berumur 4 tahun dan babon betina berjenis Limosin berumur 1,5 tahun,  korban Edi Purnomo alami kerugian  sekitar Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah).

Dengan kejadian tersebut Opsnal Reskrim Polres Blitar dan Polsek Selorejo masih  melakukan penyelidikan, setelahnya meminta keterangan para saksi dan korban Edi Purnomo sendiri. Les