Dari Reseller, Nanda Sukses Bisnis Kuliner Beromzet Puluhan Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mar 2021 09:10 WIB

Dari Reseller, Nanda Sukses Bisnis Kuliner Beromzet Puluhan Juta

i

Rizky Ananda. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rizky Ananda merupakan salah satu mahasiswa bidik misi tidak membuatnya menyerah untuk berwirausaha. Berawal dari seorang reseller, hingga kini menjadi seorang CEO perusahaan di Perusahaan Miun Sinergi dengan Brand utamanya "Lumpia Basah Seafood Mas Miun".

Rizky Ananda yang biasa dipanggil Nanda ini saat SMA sudah berjualan alat-alat tulis seperti buku, pensil, pulpen, penggaris, dsb. Berjualan sepertinya sudah menjadi hobi dan kesenangan tersendiri. Saat kuliah, ia melihat bahwa menjual alat tulis tidak akan mendongkrak kehidupannya, karena alat tulis itu bersifat musiman.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Dengan kelihaiannya dalam berjualan, perlahan-lahan orang pun mulai mengetahui gorengan lezat yang dijual Nanda, sehingga banyak orang yang membeli dagangannya. Hasil dari penjualan gorengan, ia mendapat penghasilan per bulan mencapai 600 ribu rupiah tanpa modal sepeser pun. Karena dirasa cukup, ia pun berhenti setelah mendapatkan 2-3 juta dalam 1 tahunnya.

Lalu terpikirlah Nanda untuk berjualan penjual lumpia basah, karena saat itu lumpia basah sedang ngetren, tidak hanya di kalangan anak muda, bahkan orang dewasa pun menggemari jajanan ini. Sesampainya di kostan, ia mencoba memasak sendiri resep yang di dapat dari hasil bertanya kepada setiap penjual dan searching di internetapa yang menjadi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) penjualan berbagai lumpia basah. 

Akhirnya Nanda dapat menciptakan resep baru dan mendapatkan hak paten atas lumpia basah miliknya itu dengan bantuan Bapak Suseno Amien, wakil pematenan di Unpad.
Di samping itu, program PKM, dengan jenis PKM-K pun Nanda ikuti bersama teman-temannya. Tahun petama gagal, tahun kedua gagal, dan tahun ketiga, pada tahun 2012 ternyata lolos dan mendapatkan 9 juta untuk menjalankan proyek tersebut. Sisa dari PKM tersebut, ia gunakan untuk modal mendirikan usaha lumpia basah, 27 Mei 2013. Nama brandnya adalah “Lumpia Basah Mas Miun”.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Selain itu, Rizky Ananda telah menghasilkan produk Uda Miun CHIPS, Warung Kemasan UKM dan mendirikan sebuah rumah makan Padang “Minang Indah” di daerah Jatinangor karena mengingat dirinya berasal dari Padang. Salah satu menu unggul dari rumah makan tersebut yaitu rendang ayamnya yang tak ada di tempat lain.

Kini, Nanda pun mengajak orang tuanya ke Jatinangor untuk membantunya dalam hal masak-memasak dan manajemen usaha. Akan tetapi dalam hal marketing, akuntansi, dan advertising masih ia kelola sendiri. Setelah dihitung-hitung, ternyata dari semua usahanya, dalam sehari bisa mencapai lebih dari 4 juta, atau ratusan juta per bulan, Padahal target awalnya 50 juta.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

“Menurut saya, dalam hidup ini hanya ada 2 pilihan, yang pertama berani menyonsong masa depan. yang kedua adalah mundur dan hidup dengan penyesalan,” ujar Nanda, dikutip Senin (29/3/2021).

Selain itu, saat ini Nanda aktif sebagai Motivator Muda dan menjadi pembicara mengenai kewirausahaan baik didalam kampus maupun diluar kampus. Ia membuktikan ke semua orang, bahwa seorang penjual gorengan bisa menjadi seorang pengusaha sukses, seorang motivator dan tetap tidak meninggalkan tugas utamanya sebagai mahasiswa. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU