Dinkes Banyuwangi Siapkan Ratusan Faskes Vaksinasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Jan 2021 13:09 WIB

Dinkes Banyuwangi Siapkan Ratusan Faskes Vaksinasi

i

Petugas kesehatan yang sedang menyiapkan faskes vaksinasi dan perlengkapan penunjangnya. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Banyuwangi, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono terus menyiapkan faskes vaksinasi, tenaga Kesehatan atau vaksinator hingga perlengkapan penunjangnya, Kamis (7/1/2021).

“Untuk layanan vaksinasi, Banyuwangi menyiapkan 45 puskesmas se kabupaten, enam rumah sakit rujukan Covid-19, dan tambahan rumah sakit swasta lainnya. Yang terus dipersiapkan oleh faskes di antaranya ruangan yang memadai, APD dan bahan medis habis pakai seperti spet, kapas dan alkohol,” ungkap Rio.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Halalbihalal Bersama Penyandang Disabilitas

Sebelumnya, Banyuwangi juga telah melakukan simulasi vaksinasi. Sejumlah vaksinator juga telah mengikuti simulasi ini. “Juga sudah dilakukan simulasi pelaksanaan vaksinasi di faskes,” imbuh Rio.

Saat ini Banyuwangi sudah menyiapkan ratusan nakes sebagai petugas vaksinasi. “Kabar terbaru kami diminta untuk menambah jumlah vaksinator sebanyak tiga orang dari tiap puskesmas sehingga nantinya akan ada 225 vaksinator. Masih ada lagi tambahan tenaga vaksinator dari dinas Kesehatan dan RS,” ujar Rio.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar mengatakan jika daerah akan menyiapkan yang terbaik untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid 19.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

“Saya kira, semua puskesmas sudah menyiapkan ini dengan baik. Terima kasih para tenaga kesehatan. Alur pelaksanaan, hingga alat-alat penyimpan juga sudah tersedia. Jadi, sewaktu-waktu instruksi pelaksanaan vaksin dari pusat turun, kita sudah siap semua,” kata Anas.

Anas juga berharap agar proses pelaksanaan vaksinasi akan berjalan lancar dan vaksinasi itu sendiri akan memberikan hasil sesuai harapan.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

“Semoga lewat program ini tenaga kesehatan yang selma ini menjadi benteng pertahanan melawan covid bisa lebih terlindungi. Kita semua berdoa agar vaksinasi ini akan sukses sebagai haparan kita semua,” pungkasnya. Dsy16

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU