Disdikbud Kota Pasuruan Distribusi Kain Seragam untuk Siswa SD dan SMP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Okt 2022 17:12 WIB

Disdikbud Kota Pasuruan Distribusi Kain Seragam untuk Siswa SD dan SMP

i

Siswa-siswi SMP di salah satu Sekolah kota Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Pengadaan kain seragam untuk siswa baru di Kota Pasuruan akhirnya rampung. Sesuai janjinya, pemerintah kota berencana membagikan kain seragam gratis itu bulan ini.

Pada 2022 ini, pemerintah kota mengalokasikan anggaran untuk belanja kain seragam hanya khusus siswa baru. Berbeda dengan tahun lalu. Dimana semua siswa mendapat subsidi kain seragam. Bahkan juga disertai dengan ongkos jahit yang nilainya masing-masing Rp 150 ribu.

Baca Juga: Wali Kota Madiun Bagikan Seragam Sekolah Gratis

Hanya saja, tahun ini kain seragam hanya diberikan untuk siswa baru. Baik di jenjang pendidikan SD atau MI dan SMP atau MTs.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Lucky Danardono memastikan semua siswa baru bakal mendapat bantuan kain seragam. Hal itu dilakukan untuk sedikit meringankan beban orang tua untuk membeli seragam bagi anaknya yang baru masuk sekolah.

Baca Juga: Seragam Gratis Mulai Dibagikan ke Pelajar MBR

Karena itu dinasnya jauh hari sebelum tahun ajaran baru sudah mengeluarkan edaran agar para orang tua siswa baru tak buru-buru beli seragam. Mereka boleh mengenakan seragam dari lembaga sekolah lamanya, sembari menunggu pengadaan kain seragam rampung.

Hanya saja, proses distribusi kain seragam itu juga memerlukan waktu. Sebab distribusi kain seragam bukan hanya untuk satu dua sekolah saja. Melainkan seluruh lembaga SD dan SMP di Kota Pasuruan.

Baca Juga: SMAN 2 Sidoarjo Diduga Mewajibkan Beli Kain Seragam Sekolah

Lucky menyebut kain seragam itu tidak hanya diperuntukkan siswa di sekolah negeri. Tetapi juga termasuk sekolah swasta. “Makanya untuk proses distribusi dari penyedia ke sekolah-sekolah perlu waktu tiga hari. Tapi sekarang sudah selesai semua. Pekan ini rencananya dibagikan ke semua siswa baru,” katanya. 

Untuk membelanjakan kain seragam itu, pemkot menghabiskan anggaran sekitar Rp 2,2 miliar. Kain seragam diberikan untuk 3.477 siswa SD-MI dan 3.470 siswa SMP-MTs. Ada dua jenis kain seragam yang didapat siswa baru. Yakni seragam nasional dan seragam pramuka. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU