Efek Gerhana Bulan, Banjir Genangi Sejumlah Jalan di Pesisir Surabaya

Banjir yang terjadi di Jalan Kalimas Baru, Surabaya akibat fenomena gerhana bulan total, Kamis (27/5). Foto: BMKG Kelas II Maritim Tanjung Perak

SURABAYAPAGI, Surabaya - Gerhana Bulan Total telah usai, namun fenomena ini memberikan efek berupa adanya banjir rob yang mneggenangi sejumlah jalanan di pesisir wilayah Kota Surabaya. 

Di daerah Nambangan Perak, sejumlah jalan gang terendam air laut yang sedang pasang itu. Kasubdit Kedaruratan BPB Linmas Arif mengatakan banjir rob mulai terpantau sekitar pukul 08.00 WIB. Sejumlah jalan di gang 3, 4, dan 5 kampung nelayan itu sempat tergenang air pasang laut.

"Banjir termonitor sekitar pukul 08.00 WIB. Memang air sempat masuk ke jalan (gang) tapi tidak sempat masuk ke rumah," ujar Arif, Kamis (27/5/2021).

Banjir Rob kemudian mulai surut sekitar pukul 11.00 WIB. Meski begitu, pihak BPB Linmas Surabaya tetap mengimbau agar warga menjauhi bibir pantai karena gelombang masih berdeburan.

"Alhamdulillah saat ini sudah landai dan aman. Jadi saat ini kita lakukan penutupan akses dan pengawasan di bibir pantai," tuturnya. "Kita imbau kepada warga melalui pengeras suara agar tidak mendekati bibir pantai.," terang Arif.

Sementara itu juga, banjir rob terjadi jalanan arah masuk Pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya di Jalan Kalimas Baru. 

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Maritim Tanjung Perak, Surabaya Sutarno mengatakan banjir rob terjadi sejak pukul 09.00 WIB. 

"Banjirnya kira-kira setinggi 40 sentimeter," ujarnya, Kamis, (27/5/2021).

Masih kata Sutarno, potensi munculnya banjir yang terjadi akibat fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon itu sudah diperingatkan ke warga yang tinggal di sekitar kawasan pesisir Surabaya dan Jawa Timur. 

"Peringatan dini sudah kami sampaikan dari tanggal 25 kalau ada banjir mulai 26-29 Mei. Jadi, banjir akan muncul mulai pukul 09.00-11.30 WIB, gelombang tinggi akan sampai 2,5 meter " ungkapnya. 

Sutarno mengingatkan kembali kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan bersabar ketika melintas di jalanan yang terdampak banjir rob tersebut. tn/dk/cr2/na