Gegara Bela Wanita Cantik, Dua Advokat Bersengketa

Hotma Paris (kiri) dan Hotman Sitompul (kanan)

 

Hotman Paris, tak Gentar dengan Laporan Hotma Sitompul, karena Ia Merasa Sudah Punya Logika Hukum

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Gegara Desiree Tarigan, wanita setengah baya yang masih cantik, dua advokat senior Peradi (Persatuan Advokat Indonesia) bersengketa di organisasi advokat.

Dua advokat ini masing masing Hotma Paris dan Hotman Sitompul. Dua pengacara papan atas ini konflik buntut dari konflik rumah tangga Desiree Tarigan dengan Hotma. Desiree mengaku diusir oleh Hotma. Ibu kandung Bams eks Samson, minta didampingi Hotman jadi kuasa hukumnya.

Setelah Desiree, diusir Hotma, ia mengajak Hotman Paris menggelar jumpa pers. Di situ, ibunda Bams eks Samson membeberkan kronologi pengusiran dari rumah oleh Hotma.

Tak terima, Hotma didampingi tim kuasa hukumnya juga gelar jumpa pers tandingan. Di kesempatan itu, Hotma menyindir Hotman Paris sebagai pengacara banci tampil.

 

Tak Buka ke Media

Hotma juga menilai seharusnya Hotman Paris tak membuka persoalan rumah tangganya dengan Desiree kepada media.

Pengacara Hotman Paris, kini resmi sebagai terlapor. Mantan pacar Meriam Belina ini, dilaporkan ke Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) oleh Muara Karta dan Partahi Sihombing yang merupakan tim kuasa hukum Hotma Sitompul.

Menurut Partahi, Hotman Paris sebagai kuasa hukum Desiree Tarigan, istri Hotma, diduga telah melanggar kode etik seorang advokat.

"Apa yang kami adukan adalah pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh saudara Hotman Paris, terhadap klien kami Hotma Sitompul," kata Partahi Sihombing ditemui di kantor Peradi, kawasan Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/4/2021).

Disinggung apa saja poin-poin dugaan pelanggaran kode etik yang dimaksud, Partahi enggan membeberkannya. Kata dia, biar itu jadi kewenangan Dewan Kehormatan Peradi.

 

Tak Pernah Berkata Kasar

Hotman Paris terlapor kasus Hotma-Desire, mengaku tidak pernah menyinggung siapapun dan tidak pernah berkata kasar.

"Coba baca dua kali, saya ikut konferensi pers, saya tidak menyinggung nama siapapun, saya tidak mengucapkan kata-kata kasar, saya sangat sopan karena apa? Saya sudah profesional lawyer," ucap Hotman Paris, di Jakarta, Senin kemarin (19/4/2021) .

Bahkan bukan hanya namanya saja, seluruh tubuh Hotman Paris merasa sudah dilindungi oleh logika hukum.

"Badan saya ini setiap saya ngomong legal mind, otak gua ini sudah dilindungi oleh logika hukum yang sangat tinggi, jadi saya tidak mungkin berbuat salah yang merugikan orang lain," tambah Hotman Paris.

 

Disudutkan “Banci Tampil”

Hotman Paris mengaku tidak pernah mengucapkan kata-kata yang dituduhkan oleh Hotma Sitompul. "Justru dalam konferensi pers mereka saya disudutkan bahwa ada kata-kata saya seperti 'Banci tampil' 'Manusia yang tidak bisa dipercaya sama dengan kambing' saya tidak mengucapkan kata-kata kasar apapun, mengenai siapa yang membuat itu di publikasi ya Desi sendiri yang mengatakan di depan gerbang mengatakan sendiri," ungkap Hotman Paris.

Hal itu membuat Hotman Paris merasa tuduhan Hotma Sitompul itu tidak benar dan dirinya tidak pernah mengatakan kata-kata kasar.

Hingga akhirnya Hotman Paris akan melaporkan balik Hotma Sitompul ke Peradi,untuk melawan balik.

Hotman Paris dilaporkan oleh Hotma Sitompul ke Peradi, karena diduga melanggar kode etik.

Hal itu dilayangkan Hotma Sitompul saat Hotman Paris menjadi kuasa hukum Desiree Tarigan.

 

Salahi Kode Etik

Menurut Hotma Sitompul, Hotman Paris sengaja menggiring Desiree Tarigan untuk melakukan apa yang dia suruh.

Kemudian pihak Hotma Sitompul merasa bahwa perbuatan seperti itu sudah menyalahi kode etik pengacara.

Sampai kini, meski ada isu damai, perseteruan antara Hotma Sitompul dan istrinya, Desiree Tarigan, masih terus bergulir. Dan konflik keduanya merembet ke mana-mana termasuk perang kata-kata antara Hotma dengan Hotman Paris selaku kuasa hukum Desiree.

 

Laporan Hotma Masih Dikaji

Terkait laporan tersebut, Otto Hasibuan yang merupakan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) mengatakan bahwa benar dirinya telah menerima laporan dari kuasa hukum Hotma. Namun, saat ini laporan tersebut masih dipelajari olehnya.

"Apakah nanti kita putuskan akan serahkan ke Dewan Kehormatan atau Komisi Pengawas. Atau mungkin juga saya akan mengundang mereka, apakah bisa diselesaikan secara baik-baik dengan mediasi," ungkap Otto Hasibuan saat ditemui di kawasan Senayan, Sabtu (17/4).

Saat ini, Otto mengaku juga sedang berupaya sebagai mediator antara Hotma dan Desiree agar konflik di antara keduanya mereda dan semua masalah selesai dengan baik.

"Jadi, harus dibedakan, ya, masalah Pak Hotma dan Pak Hotman yang dilaporkan ke Peradi. Nah yang kedua, saya sebagai mediator Ibu Desiree dan Pak Hotma," ujar Otto.

 

Desiree dan Hotma Dimediasi

Otto mengatakan baik Desiree maupun Hotma memang sudah sepakat untuk melakukan mediasi dengan syarat-syarat yang telah diajukan. Otto pun sedang berupaya agar masing-masing pihak dapat saling menerima satu sama lain.

Otto Hasibuan berharap juga kepada kedua advokat untuk sama-sama menahan diri . Terutama tidak melakukan upaya hukum lain demi kelancaran mediasi. Otto juga berharap segala pemberitaan terkait Hotma dan Desiree tidak semakin memperkeruh suasana.

"Cuma mungkin karena perkara ini sudah ke mana-mana, coba bayangkan dari masalah perceraian meloncat ke Dewan Kehormatan Peradi, harusnya tidak sampai sejauh ini. Karena telanjur jadi konsumsi publik, harusnya kan tidak perlu karena ini masalah rumah tangga, saya juga berharap publik untuk membantu agar pemberitaan tidak semakin meruncing," ungkapnya.

Istri Hotma Sitompul, Desiree Tarigan bersama anaknya Prianka Rehana Bukit, dan Bams, menggelar konferensi pers terkait rumah tangganya di kawasan Cipete, Jakarta. Otto berharap, ke depannya masalah antara Hotma dan Desiree berakhir dengan baik, Otto pun berharap hal yang sama terjadi dengan Hotma dan Hotman.

 

Gemetar Tahan Tangis

Ibu angkat Desiree Tarigan, Muliana Tarigan atau Muliana Bangun gemetar menahan tangis meluapkan kekesalan dan kesedihannya atas sikap Hotma Sitompul terhadap anaknya itu.

Curhatan tersebut direkam dalam video yang diunggah akun Instagram mantan vokalis band Samsons, Bams, Senin kemarin (19/4). Bams sendiri merupakan putra tiri Desiree. “Hotma, kalau Hotma enggak sayang lagi sama Desi, kembalikan ke saya. Dia adalah anak saya. Saya sakit dibikin kayak gitu, Hot. Jadi sudah lah, Pisah pun kalian saya enggak apa-apa. Tapi jangan lagi diganggu-ganggu," ujar Muliana ditujukan kepada Hotma.

Ia juga mengungkapkan rasa sayang kepada Desiree meski statusnya hanya sebagai ibu angkat. Dia meminta Hotma berhenti mengganggu kehidupan sang anak.

"Hotma, jangan ganggu saya dengan anak saya. Memang kalian barangkali enggak tahu bagaimana saya sayangnya sama anak saya. Jadi, jangan ganggu, Hot..."

“Sorry to say that. Aku enggak bisa diganggu-ganggu. Saudaraku saja enggak ganggu aku. Dia rangkul Desi (Desiree) itu," tutur Muliana yang akrab dengan sapaan Ribu. sr/erc/jk/cr2/rmc