Gerebek 2 Kampung Mercon, Ratusan Petasan Disita

Ratusan petasan berbagai jenis dan 7 warga yang diamankan polisi.

 

SURABAYAPAGI.COM, Bangkalan - Dalam tradisi setiap sepekan pasca lebaran Idul Fitri atau lebaran ketupat masyarakat umunya memainkan petasan. Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Satreskrim Polres Bangkalan menggerebek dua kampung mercon.

Dari penggerebekan tersebut, 7 pemuda Bangkalan, diamankan polisi. Tak hanya itu, 142 petasan berbagai jenis juga ikut disita. Satu dari petasan itu sebesar bayi dan memiliki daya ledak hingga 1 kilometer.

Dua kampung penghasil mercon yang digerebek yakni Kampung Penyageran dan Pancian, Kelurahan Bancaran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto menyebutkan, 142 petasan itu terbagi atas tiga jenis yakni 51 buah berjenis segitiga, 59 berjenis tabung dan sisanya merupakan petasan slengdor. “Ratusan petasan kami amankan dari dua kampung di Kelurahan Bancaran, yakni di Pancian dan Penyageran,” ujarnya, Jumat (21/5/2021).

Didik mengatakan, penggerebekan dilakukan karena masyarakat merasa resah dengan adanya suara petasan itu. Sehingga, petugas menyisir lokasi sejak pukul 16.00 WIB hingga magrib. “Selain petasan, sebanyak 7 pemuda berhasil kami amankan dan saat ini masih proses penyidikan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

Adapun 7 pemuda tersebut yakni SM (42), MS (52), SR (31), ES (19), TH (20), RK (20) serta DS (23) merupakan warga setempat. Ia juga menyebut, dari ratusan petasan itu juga terdapat petasan seukuran bayi yang memiliki daya ledak hingga 1 kilometer. “Untuk ratusan petasan kami musnahkan dengan meredam kedalam air agar tak membahayakan,” tandasnya.