Gus Yani Sidak Rumah Pompa Air Pengendali Banjir, Temukan Tumpukan Sampah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Okt 2022 19:24 WIB

Gus Yani Sidak Rumah Pompa Air Pengendali Banjir, Temukan Tumpukan Sampah

i

Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Kepala Dinas Cipta Karya dan PKP Gresik Ida Lailatus Sa'diyah saat melakukan sidak pompa air pengendali banjir. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Fandi Akhmad Yani melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah pompa air pengendali banjir yang berlokasi di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Senin (10/10/2022). Di sela sidak, Gus Yani dikejutkan dengan pemandangan yang tidak sedap. Tampak tumpukan sampah yang tertahan di muara kali membuat Gus Yani tercengang.

Gus Yani mengatakan, kondisi sampah yang tertahan dan tidak segera dibersihkan, akan berpotensi banjir. Apalagi saat curah hujan yang tinggi.

Baca Juga: Pemkab Gresik Salurkan Bansos Kepada Warga

"Ini kan sudah masuk musim hujan, tapi saya miris melihat tumpukan sampah seperti ini (sambil menunjuk ke arah tumpukan sampah). Gimana gak banjir kalau kondisinya seperti ini," kata Gus Yani.

Saat itu, tampak petugas rumah pompa air bersama petugas dari Dinas CKPKP sedang membersihkan sampah yang menumpuk di muara kali.

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Temukan Makanan Terindikasi Mengandung Boraks saat Sidak Pasar

Masyarakat diminta Gus Yani untuk sadar terhadap kondisi lingkungan. Dengan cara tidak membuang sampah ke bantaran kali. "Kita sudah berupaya mengantisipasi banjir, namun dukungan masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting. Mohon untuk tidak membuang sampah di bantaran kali. Kasihan warga yang terkena dampak. Disisi lain kasihan juga petugas tiap hari nyebur ke kali untuk bersihkan sampah," ujarnya.

Rencananya, Gus Yani akan menyiapkan satu unit ekskavator untuk melakukan normalisasi muara kali tersebut. Dengan tujuan agar pembersihan sampah dapat dilakukan secara maksimal.

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

"Saya minta Dinas PU untuk segera menyiapkan satu unit ekskavator untuk memaksimalkan proses normalisasi. Ini juga sebagai langkah antisipasi dan mitigasi banjir. Mudah-mudahan dapat dimaksimalkan sehingga tidak terjadi banjir," tambahnya. grs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU