Henoch Sukses Bisnis Barbershop Beromzet Jutaan Rupiah Sekali Pangkas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Apr 2021 12:25 WIB

Henoch Sukses Bisnis Barbershop Beromzet Jutaan Rupiah Sekali Pangkas

i

Henoch Sitompul saat memangkas rambut milik pelanggannya. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Henoch Sitompul memulai berbisnis dari dunia barber bukan sekadar urusan memangkas rambut. Ada misi mulia di baliknya. Ia ingin menaikkan kembali derajat para barber, profesi yang selama ini dipandang sebelah mata.

Setelah gonta-ganti profesi, dari penambang di Freeport hingga agen penjual asuransi, hasrat untuk menjadi barber kembali membesit di benaknya. Keinginan tersebut datang saat Henoch galau karena tidak menemukan barber yang cocok untuknya.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Tidak puas, Henoch pun mulai nekat menggunting rambutnya sendiri sembari mengasah kemampuannya menggunting rambut. Tanpa disangka Henoch, banyak kerabat dan teman-teman yang menyukai hasil potongan rambutnya. Kala itu, ia masih menggratiskan jasanya karena menganggap masih dalam tahap bereksperimen dan berlatih.

Hasil cukuran Henoch semakin diminati banyak orang. Pelanggannya bahkan ada yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Mereka rela datang ke Jakarta hanya untuk mencukur rambutnya di tempat Henoch.

Di saat bisnisnya mulai tumbuh, Henoch sempat tertimpa musibah. Pada awal 2015, peralatan guntingnya raib dirampok orang yang membobol masuk ke rumahnya di bilangan Pondok Indah. Sempat berniat mencari pelakunya, Henoch di tengah upayanya memilih untuk mengurunkan niat tersebut dan mengikhlaskan barang kesayangannya.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Setahun kemudian, Henoch dikejutkan oleh tawaran menjadi juri kontes pencarian barber berbakat 'The Cuts' di Trans 7. Tanpa berpikir dua kali, ia menerima tawaran tersebut. "Moral of the story is, saat kita megikhlaskan sesuatu yang menurut kita baik diambil, Tuhan pasti akan menggantinya dua kali lipat," katanya, dikutip Minggu (4/4/2021).

Pada 2014, ia sempat hijrah sejenak ke Amerika Serikat untuk berguru pada Vince Garcia. Disegani di komunitas barber seantero Negeri Paman Sam, Vince adalah barber langganan selebriti dunia papan atas. Drake, Ludacris, Tyrese hingga bintang NBA Lebron James dan Stephen Curry adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, pancos Barbershop hadir dengan tampilan yang sangat minimalis. Tembok putih dibiarkan polos tanpa hiasan putih apapun. Selain lampu putih yang bersinar terang, ruangan juga didukung oleh pencahayaan alami dari beberapa jendela. Menurut Henoch, cahaya yang maksimal sangat menentukan hasil potongan barber.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Di tengah kesibukannya melayani klien, Henoch pun tak lupa untuk berbagi ilmunya dengan membuka kelas barber. Tujuan utamanya untuk melahirkan para barber berbakat sehingga profesi tersebut tak dipandang sebelah mata lagi.

Henoch sendiri memasang tarif mulai dari Rp 300 ribuan hingga Rp 1,5 juta sekali potong. Harga bergantung pada gaya rambut dan jenis servis, potong di tempat atau panggilan. "Kembali lagi, barber itu ada seninya. Orang pasti rela bayar mahal karena ada kualitas yang ditawarkan," tambah Henoch. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU