Jalan Akses Antar Kampung Ambles Terbawa Longsor

Jalan akses antar kampung yang ambles karena longsor

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - 13 kepala keluarga (KK) di Trenggalek terisolir pasca jalan akses antar kampung ambles terbawa longsor.

Kapolsek Dongko AKP Rohadi, mengatakan longsor terjadi di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko. Jalan yang menghubungkan antara Dusun Krajan dengan Dusun Pelem longsor sepanjang 15 meter.

"Yang longsor adalah badan jalannya, sehingga jalan yang dicor kiri kanan itu putus total. Konstruksi badan jalan melorot ke jurang hingga 5 meter," kata Rohadi, Jumat (19/11/2021).

Peristiwa longsor tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi. Sebelum terjadi longsor, wilayah Kecamatan Dongko diguyur hujan deras selama lebih 3 jam.

"Hujannya mulai Kamis sore," imbuhnya.

Rohadi menambahkan selain memutus akses masyarakat, badan jalan yang longsor juga mengakibatkan dapur dan kandang kambing milik Setiawan bergeser dan retak-retak.

Untuk meminimalisir dampak yang lebih parah, bangunan tersebut akhirnya dibongkar dan dialihkan ke tempat yang lebih aman.

Terkait longsor di Trenggalek, masyarakat dibantu polisi, TNI dan relawan kebencanaan bergotong royong membangun jalur alternatif.

"Harapannya agar akses 13 KK bisa dibuka kembali," jelas Rohadi.