Jawa Timur Masuki Kemarau

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Mei 2022 19:54 WIB

Jawa Timur Masuki Kemarau

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Terkait kondisi cuaca sekarang ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Juanda menyebut bahwa Jawa Timur telah memasuki awal musim kemarau.

Hanya saja, di awal musim kemarau ini wilayah Jawa Timur masih diguyur hujan. Hal tersebut disebabkan adanya Daerah Pusaran Angin atau Siklon di wilayah Kalimantan bagian Selatan.

Baca Juga: Prabowo Wujudkan Sumber Air Bersih di Pulau Moa, Bupati: Terima Kasih Sudah Membantu Kami

Demikian disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto, dikutip Surabayapagi, Kamis (12/5/2022).

"Sehingga wilayah Jawa Timur terjadi daerah belokan angin ditambah oleh SST yang masih cukup hangat sekitar 29 sampai 31 derajat celcius, dengan anomali SST +1.0 s/d +3.0 derajat celcius," ujarnya.

Di samping faktor tersebut, terdapat pengaruh gelombang atmosfer Kelvin yang terjadi pada 8 Mei 2022. Diperkirakan potensi terjadi hujan masih bakal terjadi hingga tiga hari ke depan. Hujan yang terjadi dengan intensitas ringan hingga lebat.

Baca Juga: Impor Beras ASEAN Banjiri RI Tahun Ini: Terbesar dari Vietnam dan Thailand

Cuaca di daerah Jawa Timur memang cukup bervariatif. Beberapa daerah diramalkan cerah dan hujan. Hujan yang mengguyur nantinya dengan intensitas ringan, sedang, hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Pada pagi hari, hampir seluruh wilayah di Jatim diramalkan cerah hingga cerah berawan. Beberapa daerah mengalami kabut yakni di Jombang dan Lamongan. Adapun beberapa daerah bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan, yakni di wilayah Pacitan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. BMKG Juanda meramalkan pada siang dan sore hujan mulai turun di beberapa wilayah.

Masyarakat diimbau mewaspadai hujan disertai petir yang diperkirakan terjadi di Kota Malang, Bondowoso, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Kota Mojokerto, dan Jombang. Cuaca serupa juga melanda Gresik, Pulau Bawean, Bangkalan, Sampang, dan Batu.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani: Petani Paling Terdampak di Musim Kemarau Panjang

Beranjak malam, hujan disertai petir masih bertahan di wilayah Sidoarjo. Hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Probolinggo dan Sampang. bm

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU