Jelang Lawan Persebaya, Pelatih Arema FC Tingkatkan Intensitas Latihan Para Pemainnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Sep 2022 14:30 WIB

Jelang Lawan Persebaya, Pelatih Arema FC Tingkatkan Intensitas Latihan Para Pemainnya

i

Pelatih Arema FC Javier Roca.

SURABAYAPAGI.COM, Malang – Duel panas derbi Jawa Timur (Jatim) Arema FC vs Persebaya Surabaya akan digelar pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022). Meski masih cukup lama, tim Singo Edan tampaknya tak mau berleha-leha. Pelatih Arema FC Javier Roca mengaku akan memaksimalkan waktu yang ada untuk mempersiapkan skuatnya dalam laga kontra Bajul Ijo

Javier Roca mengungkapkan jika anak asuhnya mendapati jatah libur selama tiga hari agar bisa istirahat secara fisik mau pun mental. Setelah libur tiga hari, para pemain mulai kembali berlatih maksimal guna menuai hasil maksimal pula atas tim Bajul Ijo.

Baca Juga: Paulo Henrique Cetak Dua Gol, Tapi Ditahan Imbang Persita

"Pertama, anak-anak istirahat secara fisik dan mental, jaga berat badan. Mereka dapat libur tiga hari," kata Roca, Kamis (22/9/2022).

Mantan pelatih Persik Kediri tersebut mengatakan jika setelah anak asuhnya menjalani liburan, ia masih memiliki waktu selama sepuluh hari untuk mempersiapkan derbi Jatim melawan tim rivalnya, Persebaya.

"Setelah libur, kami punya waktu sepuluh hari untuk persiapan. Waktu yang ada akan kami maksimalkan," pungkas Javier Roca.

Sementara itu, Roca juga mengaku akan membenahi titik lemah dari Arema FC. salah satu poin yang menjadi titik lemah tim Singo Edan adalah fisik pemain. Untuk itu, perlahan permasalahan fisik akan coba dibenahi dengan meningkatkan intensitas latihan. Pelatih asal Chili itu pun memberi menu latihan dengan intensitas tinggi sejak dimulai pada Rabu (21/9/2022) hingga Sabtu, (24/9/2022).

"Sampai hari Sabtu, kondisi fisik akan coba kami naikkan. Setelah itu libur lagi sehari dan kemudian fokus pada persiapan taktikal untuk laga berikutnya," katanya Kamis (22/9/2022).

Selain itu, Roca menyebut bahwa dalam situasi musim berjalan seperti saat ini sebenarnya sulit untuk meningkatkan kondisi fisik. Tetapi ada jeda waktu dua pekan ini, dirinya mencoba untuk menambah porsi agar fisik pemain bisa lebih maksimal dengan kapasitas yang saat ini tersedia.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

"Tidak ada waktu untuk tes Vo2 max. Karena ini seharusnya pada awal musim. Saat ini yang bisa dilakukan adalah bagaimana menjaga agar pemain dalam kondisi fit saat pertandingan nanti," imbuhnya.

Selain latihan, Roca menekankan para pemainnya untuk memperhatian pola makan selama jeda. Menurutnya, para pemain harus tetap dituntut untuk menjaga pola makan demi kondisi mereka.Bahkan demi memastikan kondisi para pemain, Roca mengaku sebelum mulai latihan bahkan ada pemeriksaan.

"Semuanya tahu, sebagai pemain profesional kita sudah bersepakat satu-satunya cara untuk kembali berlatih dengan performa yang tidak terlalu jauh dengan menjaga pola makan setiap hari. Makanya sebelum latihan ada timbang badan," kata Roca.

Meski berupaya memaksimalkan kondisi fisik pemain, ia juga berupaya menyeimbangkan pola latihan dengan istirahat pemain. Untuk itu, ia juga mengurangi durasi waktu latihan dan meminta pemain untuk lebih banyak istirahat agar tenaga mereka bisa tetap prima saat dibutuhkan.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

"Semua aspek latihan kami berikan kepada pemain. Tetapi diluar itu semua, jam istirahat jauh lebih penting," tandasnya.

Setelah menjalani dua laga dan melihat performa tim, Roca optimis bahwa setelah ini Arema FC bisa lebih konsisten. Meskipun lawan-lawan yang bakal dihadapi cukup berat, namun kemenangan atas Persik Kediri memberi motivasi lebih pada para pemain.

"Kami memang tidak bisa pilih-pilih lawan karena jadwal sudah ada. Tetapi jika melihat jadwal Oktober maka kami optimis bisa maksimal," tuturnya.

Baik Arema FC maupun Persebaya pada laga ini sama-sama menargetkan kemenangan. Apalagi rivalitas anatara kedua tim yang sudah mengakar sejak dulu, sehingga masing-masing tim mempersiapkan diri dengan maksimal. mlg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU